Sekolah Swasta di Pamekasan Terapkan Absensi Online Khusus Siswa

Siswa SMA Ma’arif 1 tengah mengisi absen online di sekolahnya

Pamekasan, (Media Madura) – Sekolah Menengah Atas (SMA) Ma’arif 1, di Desa Terrak, Kecamatan Tlanakan, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur menerapkan daftar hadir dengan sistem absen online kepada siswa.

Dikatakan Kepala SMA Ma’arif 1, Pamekasan, Abusiri, penerapan absensi itu sebagai bentuk penegakan kedisiplinan terhadap siswa dalam menjaga waktu serta mengenalkan teknologi kepada siswa.

“Kami berprinsip sekolah boleh di Desa tapi kita harus berkarya untuk bangsa, penerapan absensi ini mulai Selasa kemarin, Alhamdulillah respons siswa luar biasa,” katanya, Kamis (6/2/2020).

Mesin yang digunakan, tambah mantan aktivis PMII Pamekaaan itu, sangat sederhana yaitu menggunakan bantuan smartphone atau telepon jenis android, siswa hanya menempelkan kartu yang ada barcode atau kumpulan data optik yang dapat dibaca mesin.

“Meski alatnya masih tergolong sederhana, ternyata ini sangat efektif untuk membuat siswa disiplin waktu sehingga para siswa datang dan Absen sebelum pukul 7 pagi, dengan adanya alat ini siswa di ketahui datangnya pukul berapa, apalagi yang telat. karena para siswa pukul 7 sudah wajib dalam kelas,” terangnya.

Salah satu Fungsionaris PCNU Pamekasan, Abdul Muin mengapresiasi langkah SMA di bawah naungan LP Ma’arif NU itu.

“Wahhh… top banget… Saya punya keyaqinan tak kan salah jika para orang tua memilih SMA Ma’arif sebagai keputusan pertama untuk menyekolahkan putra putrinya,” tuturnya.

Reporter: Ahmad Rifqi
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.