6 Juta Batang Rokok Ilegal Dimusnahkan, Bea Cukai Madura Hanya Tangkap 4 Pelaku

Kepala Cabang Bea Cukai Madura, Yanuar

Pamekasan, (Media Madura) – Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Madura, Jawa Timur memusnahkan sebanyak 6.227.884 batang rokok ilegal, Rabu (5/2/2020). Selain itu, Bea Cukai juga mengamankan 4 pelaku.

Dikatakan Kepala Cabang Bea Cukai Madura, Yanuar, rokok tanpa pita cukai itu didapat dari empat kabupaten di Madura, yakni Kabupaten Sumenep, Pamekasan, Sampang, dan Kabupaten Bangkalan.

“Itu hasil operasi selama 2019, pelaku ada empat orang satu orang sudah divonis satu tahun, sisanya masih proses hukum,” katanya usai memusnahkan barang bukti rokok ilegal di Kantor Beacukai, sebelah timur Monumen Arek Lancor, Rabu (5/2/2020).

Menurut Yanuar, dari rokok ilegal sebanyak itu kerugian negara mencapai Rp 2,5 miliar. “Bagi pedagang rokok itu kita beri pembinaan,” tambahnya.

Ditanya soal hasil tangkapan pelaku tidak sebanding dengan banyaknya perusahaan rokok yang memproduksi rokok ilegal, Yanuar berkelit, ia berkata tergantung penyidik di lapangan.

“Tergantung nilainya, kan penjual roko ilegal tidak mungkin disita kita beri pembinaan lah, kalau yang banyak kita sita mesinnya,” kelitnya mengulagi bahasa itu.

Reporter: Ahmad Rifqi
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.