Eks Caleg 2019 Lulus Tes Tulis PPK Sumenep

Sumenep, (Media Madira) – Pengumuman 10 besar calon anggota PPK untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur menyisakan banyak kejanggalan.

Salah satunya adalah adanya peserta lulus 10 besar atau lulus tes tulis tercatat sebagai mantan Calon Legislatif (Caleg) tahun 2019 lalu yang otomatis anggota Parpol 1 tahun lalu.

Padahal, berdasarkan PKPU No 3 tahun 2015 jelas menyebut pendaftar anggota PPK tak pernah menjadi anggota Parpol setidaknya lima tahun sebelum mendaftar anggota PPK.

Dalam daftar pengumuman 10 besar hasil tes tulis yang dikeluarkan KPU Sumenep tanggal 4 Februari 2020, ada nama Moh. Madani dengan nomor tes 557. Ia merupakan calon anggota PPK Kecamatan Manding.

Dari hasil penelusuran media ini, Moh. Madani merupakan mantan Calon Legislatif (Caleg) 2019 untuk DPRD Sumenep Dapil I dari Partai Hanura.

Bahkan dalam situs KPU, jelas nama Moh. Madani sebagai Caleg Nomor urut 4 dari Partai Hanura di Dapil 1 yang meliputi Kecamatan Kota, Kalianget, Talango, Batuan dan Manding.

Menjawab temuan ini, KPU Sumenep mengakui adanya pelanggaran dengan lolosnya Madani, sehingga pihaknya memastikan calon anggota PPK tersebut akan didiskualifikasi.

“Jelas tidak boleh. Akan dicoret dan didiskualifikasi,” tegas Komisioner KPU Sumenep, Rafiqi Tanzil melalui pesan WhatsApp pada media ini, Selasa (4/2/2020).

Kenapa bisa kecolongan? Tanzil menyebut pihaknya tidak mengetahuinya. ” Ya, karena kita memang tidak tahu. Kita tahu karena ada laporan masyarakat. Makanya sapah satu fungsi tanggapan masyarakat ya di situ,” pungkansya.

Reporter : Rosy
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.