Kadinkes Imbau Warga Sumenep tak Panik dengan Virus Corona

Ilustrasi Virus Corona (foto google)

Sumenep, (Media Madura) – Baru-baru ini, wabah Corona virus atau virus Corona menjadi isu paling menggemparkan jagat raya. Sebab, virus tersebut telah menjangkit ratusan orang di Wuhan, China.

Bahkan virus mematikan tersebut telah menyebar ke beberapa kota dan negara lainnya. Oleh karenanya, Pemerintah Kabupaten Sumenep melalui Dinas Kesehatan setempat menyatakan waspada terhadap virus Corona.

“Saya sudah memerintahkan semua Puskesmas untuk mengantisipasi wabah virus Corona,” kata Kadinkes Sumenep, Agus Mulyono, Senin (27/01/2020).

-Advertisement-

Namun demikian, Agus mengimbau agar masyarakat tidak panik, karena pihaknya mengaku sudah melakukan pencegahan sesuai dengan SOP, dan menyiapkan obat-obatan.

“Saya sudah pantau semua rumah sakit, Alhamdulillah masih belum ada laporan dari pihak rumah sakit maupun puskesmas, dan semoga tidak ada yang terinfeksi virus Corona ini,” ujarnya.

Lebih jauh Agus menerangkan, virus Corona menyerang siapa saja, namun risiko lebih besar pada orang dengan daya tahan tubuh lemah, misal anak kecil dan orang tua. Serangan virus Corona pada orang dengan sistem imun lemah bisa mengakibatkan infeksi saluran pernapasan bawah yang lebih serius.

“Serangan virus mengakibatkan infeksi saluran pernapasan atas ringan hingga sedang yang sama dengan flu biasa. Gejala corona virus adalah pilek, batuk, sakit tenggorokan, pusing, dan demam yang sudah terjadi selama beberapa hari,” tandasnya.

Reporter : Rosy
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.