Pilkada Sumenep, Jalur Perseorangan Tak Diminati

Komisioner KPU Sumenep, Rafiqi Tanzil

Sumenep, (Media Madura) – Sesuai tahapan Pilkada Sumenep 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep, Jawa Timur telah membuka pendaftaran calon perorangan Bakal Calon Bupati atau Wakil Bupati sejak 16 Desember 2019 lalu.

Namun, hingga saat ini belum ada satupun calon atau tim sukses yang mendaftar atau meminta user name dan password Sistem Informasi Pencalonan (Silon) ke KPU.

Sesuai aturan, setiap calon perseorangan harus memasukkan daftar dukungan minimal 65.458 e-KTP yang tersebar 50 persen lebih satu afau tersebar di minimal 14 dari 27 kecamatan di Sumenep.

“Penyerahan bukti dukungan fotokopi KTP-el dibuka pada tanggal 19 hingga 23 Februari 2020,” Komisioner KPU Sumenep, Rafiqi Tanzil, Rabu (8/1/2020).

Namun, sambung Tanzil, syarat dukungan pasangan calon perorangan yang harus dipenuhi itu telah diumumkan pada tanggal 3 sampai 16 Desember 2019.

“Tapi, sebelum diserahkan, data dukungan tersebut harus sudah masuk di Silon. Dari itu, tim sukses itu perlu user name dan password guna memenuhi persyaratan dukungan tersebut,” ujarnya.

Untuk memasukkan data persyaratan dukungan itu membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Tetapi membutuhkan waktu berhari-hari, kecuali operatornya banyak.

Jika hingga saat ini belum ada tim sukses yang meminta user name dan password, maka kemungkinan tidak ada pasangan calon yang berminat untuk mendaftar.

“Kalau timnya yang memasukkan data ke Silon itu banyak, masih bisa memungkinkan. Tapi, kami masih tetap menunggu,” tandasnya. 

Reporter : Rosy
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.