Ilustrasi stiker rumah penerima PKH

Sumenep, (Media Madura) – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur mengusulkan ribuan warga miskin menjadi penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) baru tahun 2020 mendatang.

Kordinator Kabupaten (Korkab) PKH Sumenep, Baihaki mengatakan, sedikitnya ada 5000 lebih warga miskin lanjut usia (Lansia). Saat ini, petugas tengah melakukan validasi data di lapangan untuk memastikan layak tidaknya calon penerima PKH.

Usulan tersebut sesuai dengan kuota yang diberikan Pemerintah Provinsi (Pemrov) Jawa Timur. KPM yang diajukan merupakan warga lansia yang belum tercover di PKH.

“Kenapa sasaranya lansia, karena harapan Gubernur Jatim itu untuk membantu kebutuhan hidup para lansia memang penting adanya sentuhan bantuan sosial,” kata Baihaki, Kamis (28/11/2019).

Menurut dia, dari ribuan warga miskin yang diajukan jadi penerima PKH baru, sebagian besar dari mereka adalah lansia sesuai progress laporan harian para pendamping di lapangan.

“Selanjutnya kita menunggungu keputusan Pemproc Jatim, karena yang berwenang menentukan layak tidkanya nanti Pemprov Jatim,” terangnya.

Sementara itu, sesuai data Dinsos Sumenep, tahun ini jumlah KPM PKH lansia di Sumenep sebanyak 3.123 warga yang tersebar di 27 kecamatan. Jumlah tertinggi berada di Kecamatan Pragaan yaitu 554 KPM.

Reporter : Rosy
Editor: Zainol

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.