Warga memanas dengan mendatangi kantor P2KD Desa Ketapang Timur, Kecamatan Ketapang, Senin (18/11/2019) siang. (Ryan/MM).

Sampang, (Media Madura) – Ratusan warga pendukung calon kepala desa incumbent menduduki kantor P2KD di Desa Ketapang Timur, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Sampang, Senin (18/11/2019) siang.

Mereka memprotes lantaran penempatan lokasi TPS dianggap menguntungkan salah satu pihak calon. TPS saat ini berada di Dusun Kayu Abu Daya itu tidak sesuai yang diajukan sebelumnya oleh panitia Pilkades.

“Ada 8 titik TPS yang diajukan P2KD ternyata ditolak oleh tim delapan dari kabupaten, kami ingin penempatan TPS berada pertengahan wilayah masing-masing calon agar tetap menjaga netralitas, tapi sekarang ini lokasi TPS berada di dekat dan melewati rumah calon nomor urut 01,” ucap Mohammad Tamam Timses Cakades Nomor 02 Mat Taryo.

Pantauan dilapangan, aksi protes warga sempat memanas karena mereka ingin ditemui panitia. Meski tidak satu pun terlihat petugas kepolisian, suasana terbendung damai dan tidak terjadi anarkis setelah beberapa menit kemudian panitia menemui warga.

Informasi diterima media ini, 8 titik lokasi TPS yang diajukan panitia diantaranya, Dusun Gilin Barat 2 TPS, Dusun Gilin Daya 1 TPS, Dusun Gilin Laok 3 TPS, Dusun Tlaga 1 TPS, Dusun Batu Badas 1 TPS.

Pilkades Ketapang Timur diikuti dua kandidat calon, meliputi nomor urut 1 Muzakiy dan nomor urut 2 Mat Taryo.

Menurut Tamam, lokasi TPS yang diajukan tersebut sudah di survei oleh tim delapan dan panitia. Namun hasilnya justru memilih tempat di luar yang diajukan dan disurvei.

“Kami curiga kenapa TPS ditempatkan di Dusun Kayu Abu Daya, jangan-jangan terkait penetapan TPS ada titipan dari pihak lawan kepada P2KD dan tim delapan,” tuding Tamam.

Selain mengaku keberatan, ia meminta panitia dan tim delapan membatalkan dan mengubah penempatan lokasi TPS. Sebab, lokasi tersebut mengandung unsur keberpihakan panitia kepada kandidat calon.

Untuk itu, warga mendesak P2KD segera mengirimkan surat kepada tim delapan terkait pindah lokasi TPS dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) memecat P2KD yang dianggap tidak netral. Hal ini demi berlangsungnya pelaksanaan Pilkades yang jurdil, aman, dan damai.

Sementara Ketua P2KD Ketapang Timur Agus Riyanto, menyampaikan penetapan TPS sudah sesuai dengan arahan dari tim delapan. Panitia diakuinya tidak bisa memindah lokasi TPS yang sudah ditetapkan sebelum ada koordinasi dengan tim delapan.

“Tahapan Pilkades Ketapang Timur semua sesuai dengan ketentuan, kami tetap merespon tuntutan warga pendukung calon incumbent dan akan disampaikan kepada tim delapan,” tandasnya.

Reporter : Ryan
Editor : Zainol

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.