1.380 Personel Keamanan Disebar Amankan Pelaksanaan Pilkades Sampang

Personel Polres Sampang mengikuti apel persiapan pengamanan menjelang Pilkades serentak di lapangan Ketapang, Senin (18/11/2019) pukul 08.00 WIB. (Ryan/MM).

Sampang, (Media Madura) – Kepolisian Resor Sampang, Madura, Jawa Timur, menggelar apel persiapan pengamanan menjelang pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di wilayah hukum Sampang.

Apel yang dipusatkan di lapangan Merdeka Barat, Kecamatan Ketapang, itu dipimpin langsung oleh Kapolres Sampang AKBP Didit Bambang Wibowo Saputro, Senin (18/11/2019) pagi.

Kapolres mengatakan, ada 1.380 personel gabungan TNI-Polri siap mengamankan pelaksanaan Pilkades serentak di 38 Desa pada Kamis 21 November mendatang. Dalam apel tersebut sekaligus memaparkan pola pengamanan pesta tingkat desa itu salah satunya membangun silaturahmi antar para cakades.

“Seluruh personil keamanan Pilkades mulai hari ini disebar ke tiap desa, silaturahmi dengan cakades untuk menyampaikan agar sama-sama memberikan pemahaman kepada pendukungnya mewujudkan Pilkades yang aman dan damai,” kata Didit saat sambutannya.

Dirinya juga menerangkan, pelaksanaan Pilkades di Sampang dibagi tiga kategori yakni kurang rawan, rawan, dan sangat rawan. Untuk desa kurang rawa akan dijaga 15 personel, desa rawan dijaga 30 personel.

Sementara katagori sangat rawan akan ditempatkan 45 personel. Hal ini dilakukan selain memberikan rasa aman kepada masyarakat juga untuk memastikan pelaksanaan pilkades berjalan dengan jujur dan adil.

“Masyarakat diharapkan agar menggunakan hak pilihnya dengan baik sesuai hati nurani dan terpenting tidak mudah terprovokasi oleh oknum,” ujar Didit.

Perwira dengan dua melati emas di pundaknya ini menegaskan, akan menindak siapapun yang mencoba mengganggu jalannya keamanan demokrasi desa.

Tak hanya itu, pihaknya telah membentuk Tim Satgas Anti Judi Pilkades. Apabila nantinya ditemukan praktik perjudian, petugas akan mengambil tindakan tegas sesuai prosedur hukum.

“Semua yang menganggu keamanan dan ketertiban pelaksanaan Pilkades akan dilibas, masyarakat jangan takut melapor kepada petugas jika melihat dan menemukan praktik perjudian di Pilkades,” tegasnya.

Ia menambahkan, pihaknya juga melakukan upaya sosialisasi Pilkades damai melalui spanduk, pertemuan, dan terutama anggota pada fungsi bhabinkamtibmas.

Reporter : Ryan
Editor: Zainol

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.