Melihat Perayaan Hari Kesehatan Nasional di Sampang

Istri Bupati Sampang Mimin Hariyati Slamet Junaidi melihat langsung siswa-siswi SD menggosok gigi pada Hari Kesehatan Nasional di depan Pendopo, Jumat (15/11/2019) pagi. (Ryan/MM).

Sampang, (Media Madura) – Memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55, ratusan pelajar di Kota Sampang, Madura, Jawa Timur, menggosok gigi bersama.

Acara yang berlangsung di depan Pendopo Bupati Jalan Wijaya Kusuma, Sampang, Jumat (15/11/2019) pagi itu melibatkan 500 pelajar sekolah dasar (SD).

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sampang Agus Mulyadi, mengatakan kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk menumbuhkan kesadaran siswa akan pentingnya menjaga kebersihan gigi dan mulut. Sekaligus bentuk mencegah karies atau penyakit infeksi yang merusak struktur gigi atau menyebabkan gigi berlubang.

“Selain mendapatkan kesempatan belajar bagaimana cara menyikat gigi dengan benar juga sangat bagus untuk memotivasi pelajar dan orangtua agar rajin menyikat gigi, cara ini bisa dilakukan secara rutin dan berkala,” kata Agus.

Mimin Hariyati dan Pj Sekda Sampang Yuliadi Setiawan melepas balon sebagai tanda dibukanya acara sikat gigi bersama dan JJS dalam rangka peringati HKN ke-55.

Untuk memeriahkan peringatan HKN 2019 di Sampang, Dinas Kesehatan juga menggelar acara Jalan Jalan Sehat (JJS) yang diikuti pelajar, masyarakat, dan seluruh petugas tim medis di masing-masing kecamatan. Puncak acara HKN tersebut memperebutkan hadiah utama TV, tiga unit sepeda gunung, dan hadiah lainnya.

Agus menuturkan, HKN ke-55 mengusung tema Generasi Sehat Indonesia Unggul ini diharapkan masyarakat hidup sehat khususnya di Sampang tidak hanya ikut bersaing di tingkat kabupaten melainkan bisa tingkat nasional.

“Semua kegiatan yang digelar termasuk saat malam puncak resepsi di alun-alun Sampang sekaligus memberikan sosialisasi dan penyuluhan program kesehatan,” ujarnya.

Serangkaian peringatan HKN Sampang dimulai sejak 1 November 2019. Kegiatan itu dimulai dengan lomba olahraga seperti bola voli, dan badminton. Dilanjutkan lomba kebersihan yakni Asuhan Mandiri (Asman) Pemanfaatan Taman Obat Tradisional Keluarga (Toga), lomba paduan suara, serta lomba tenaga kesehatan berprestasi.

Reporter : Ryan
Editor : Ist

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.