Wisatawan mancanegara berkunjung ke Kabupaten Sumenep, beberapa waktu lalu.

Sumenep, (Media Madura) – Program Visit Sumenep 2019 sepertinya tak memberikan pengaruh signifikan terhadap jumlah kunjungan wisatawan ke kabupaten berjuluk Kota Keris ini.

Pasalnya, hingga menjelang penghujung tahun 2019, jumlah wisatawan baik domestik maupun manca masih sangat minim dan jaih dari yang ditargetkan.

Berdasarkan data Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Sumenep, jumlah wisatawan sejak Januari hingga September 2019 baru 840.905 orang.

Perinciannya, 839.398 orang meruapkan wisatawan mancanegara (Wisman) dan 1.507 orang wisatawan nusantara (Wisnus).

Capaian tersebut jelas masih jauh di bawah target yang sebelumnya dicanangkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, yaitu 1.498.000 wisatawan atau hampir 1,5 juta wisatawan.

Rendahnya kunjungan ini diakui Kabid Pariwisata Disparbudpora Sumenep, Imam Buchori, bahwa jumlah kunjungan wisata saat ini memang belum mencapai target.

Tetapi, pihaknya tetap optimis hingga akhir tahun nanti target tersebut bisa tercapai. Sebab, tahun 2019 masih menyisakan dua bulan lagi, dan akhir tahun biasanya menjadi puncak kunjungan.

“Kita tetap optimis akan tercapai, bahkan melebihi. Karena tahun sebelumnya juga melebihi target kok,” kata Imam Buchori, Selasa (12/11/2019).

Alasan lain target jumlah wisatawan sesuai espektasi karena destinasi wisata yang berkembang dan menarik di Sumenep sangat banyak. Dan, sebagian belum melaporkan jumlah kunjungan.

“Seperti wisata religi contohnya, ini setiap tahunnya selalu dominan karena tidak terpengaruh momen atau peristiwa. Dari inilah kita optimis pasti mencapai dan bahkan melebihi target kunjungan tersebut,” ucap Imam yakin.

Saat ini, di Sumenep terdapat 28 destinasi wisata yang terdata di Disparbudpora Sumenep, teridiri dari 8 wisata religi, 13 wisata alam, 3 wisata sejarah, dan 4 objek wisata buatan.

“Dari destinasi wisata baru dan belum tercover oleh kita pasti juga memiliki kunjungan wisata yang tidak masuk pada data, untuk itu kita setiap tahun selalu turun dan upaya jemput bola. Karenanya, kita masih optimis,” tukasnya.

Reporter : Rosy
Editor: Zainol

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.