Pamekasan, (Media Madura) – Santri Pondok Pesantren (PP) An-Nidhamiyah, Kelurahan Barurambat Kota, Kecamatan Kota, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur menggelar lomba menyanyikan lagu Hubbul Wathon Minal Iman, Sabtu (19/10/2019).

Salah satu pengurus di lembaga itu, Abdullah Abbas (24) mengatakan, acara tersebut diselenggarakan oleh santri yang aktif di Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMP-SMA Islam An-Nidhamiyah dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional (HSN) yang di peringati setiap tanggal 22 Oktober.

“Inilah cara lembaga kami menghormati para pejuang, utamanya pejuang NU yang kala itu menjadi pelopor menjaga keutuhan NKRI,” katanya di sela-sela kegiatan.

Abbas menceritakan, lembaganya memperingati HSN sebagai cara mengingat hari bersejarah, yakni pada tanggal 22 Oktober 1945 Hadratussyaikh KH Hasyim Asy’ari mengeluarkan sebuah Resolusi Jihad sekaligus menguatkan fatwa jihad Rais Akbar NU untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

“Kini kan tak perlu perang, maka cukup mengingat saja tanggal bersejarah itu, tanggal 22 Oktober adalah tanggal kramat,” tambahnya.

Peringatan itu, urai Abbas, akan dilaksanakan terhitung tangga 19 sampai 21 Oktober 2019, acaranya, mulai lomba mars Hubbul Wathon Minal Iman, Sholawat Nabi dan Jalan Sehat Sarungan (JJS) dan akan di tutup dengan Istighosah bersama.

Sementara Kepala SMA Islam An-Nidhamiyah, Pamekasan, Moh Aliyulhaq mengapresiasi kegiatan tersebut, untuk kemajuan lembaganya ia akan terus mendukungnya.

“Saya bangga pada kreativitas para santri, bisa mengingat para pejuang,” katanya.

Ia menyatakan, kegiatan serupa sudah sering di laksanakan tentunya bukan hanya memperingati HSN. “Setiap kali hari besar baik Nasional atau Islam pasti ada kegiatan disini,” tutur Bendahara PC Pagar Nusa Pamekasan itu.

Reporter : Ahmad Rifqi
Editor : Ist

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.