Pemprov Jatim Subsidi Ongkos Penumpang Kapal Laut Rp 29 Miliar

Kadishub Jatim, Fattah Jasin

Sumenep, (Media Madura) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Timur memberi subsidi miliaran rupiah untuk ongkos penumpang jalur perintis.

Kadishub Jatim, Fattah Jasin mengatakan, subsidi tersebut termasuk penumpang transportasi laut ke kepulauan-kepulauan di Kabupaten Sumenep, Madura.

“Anggarannya Rp 29 miliar, lintasan satu Rp 17 miliar dengan operator Dharma Lautan Utama, dan sisinya Rp 12 miliar akan dikelola PT. Sumekar,” terang Fattah Jasin saat melakukan sosialisasi di Sumenep, Rabu (7/8/2019).

-Advertisement-

Fattah menguraikan, ada dua jalur yang menjadi lintasan. Pertama, rute Probolinggo menuju Pulau Kambing Ketapang Sampang, Pelabuhan Branta Pamekasan, dan langsung menuju Pulau Kramaian Masalembu Sumenep.

Untuk lintasan dua, akan menggunakan kapal Dharma Bahari Sumekar (DBS) milik PT. Sumekar dengan rute Pelabuhan Kalianget, Sapudi, Kangean, Sapeken dan langsung ke Banyuwangi.

“Lintasan dua memang langsung ke Banyuwangi karena kecenderungan ekonomi dan arus perdagangan. Kalau ke Sumenep kan hanya penumpang,” jelasnya.

Menurut Fattah Jasin, kapal yang melayani lintasan satu merupakan kapal besar dengan kapasitas diatas 50 GT, yang diprediksi mampu beroperasi walau kondisi cuaca laut buruk.

“Mudah-mudahan ini menjadi solusi transportasi laut khususnya di Kabupaten Sumenep, yang biasanya harus berlayar sekian hari, tapi dengan lintasan ini bisa dipangkas menjadi beberapa hari saja,” pungkasnya.

Reporter: Rosy
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.