Pamekasan – Dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila tahun 2019, berbagai instansi pemerintah di Kabupaten Panekasan bersama-sama menggelar upacara bendera di pendopo Ronggosukowati. Sabtu (01/06/2019) pagi

Beberapa peleton peserta upacara dari TNI/Polri, Satpol PP, Dishub Pamekasan, Lapas, Imigrasi , Bapas, Gabungan Perguruan Tinggi, Korpri Pemkab Pamekasan, Mahasiswa dan siswa dari bernagai sekolah, baik SLTA/SMK maupun Pramuka.

Kegiatan yang mengusung tema “Kita Indonesia Kita Pancasila” tersebut dipimpin oleh Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam dan dihadiri oleh Wakil Bupati Pamekasan Raja’e, Dandim 0826 Pamekasan Letkol Inf.M Effendi, Kapolres Pamekasan AKBP Teguh Wibowo, Kajari Pamekasan Tito Prasetyo, Ketua DPRD Pamekasan Halili, Para OPD Pemkab Pamekasan dan Camat se-Kabupaten Pamekasan.

Selaku Inspektur Upacara (Irup), Baddrut Tamam menyampaikan bahwa hari kelahiran Pancasila tahun 2019 diharapkan Pancasila mampu menyatukan seluruh elemen, sebagai satu bangsa dan hidup dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Sebagaimana yang sudah kita ketahui semua kondisi geografis yg memposisikan wilayah Indonesia sebagai negara kepulauan makin memperkokoh konsep dan keyakinan “Tanah Air Indonesia” kesatuan gugusan pulau yang berada di antara dua samudra, Pasifik dan Hindia.

Dikatakan, Pancasila sebagai dasar Negara,idiologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan satu anugerah yg tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa.

“Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian asasi harus terus diperjuangkan keberagaman kondisi geografis dapat di rajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif,” urainya.

Lebih lanjut, mantan anggota DPRD Provinsi Jawa Timur ini menguraikan, berkat pancasila yang berkeadilan dengan nilai-nilai inkluvisitas, toleransi dan gotong-royong, keberagaman yang ada menjadi suatu berkah, Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada, dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan Bhinneka Tunggal Ika.

“Peringatan hari kelahiran pancasila 1 Juni bukan sesuatu yang terpisah dari momentum perumusan piagam jakarta oleh panitia kecil tanggal 22 Juni dan pengesahan Pancasila dalam pembukaan UUD 1945,” sambungnya.

Diharapkan, dengan merayakan hari kelahiran Pancasila, kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yg lebih baik bisa terwujud.

“Melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi politik harapan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan, “Kita Indonesia, Kita Pancasila,” tutup bupati dalam amanatnya.(*)

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.