Surat edaran mengenai larangan wisuda.

Sampang, (Media Madura) – Dinas Pendidikan Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, mengeluarkan surat edaran tentang larangan pihak sekolah menggelar acara wisuda saat pelulusan baik di tingkat TK/SD/SMP.

Hal itu tertuang dalam surat edaran Dinas Pendidikan tertanggal 27 Mei 2019 bernomor 420/2057/434.201/2019.

“Kami mengeluarkan larangan menggelar acara wisuda karena merujuk kepada pandangan fraksi saat sidang di DPRD, karena acara wisuda saat akhir kelulusan memberatkan orang tua siswa,” ujar Kepala Disdik Sampang M. Jupri Riyadi, Rabu (29/5/2019).

Dia berharap, pihak sekolah saat menggelar pelepasan kelulusan agar diadakan dengan sederhana tanpa memberatkan orang tua siswa.

Sementara itu, Kepala SMPN 2 Sampang Nurhayati mengatakan bahwa pihaknya sudah menerima pemberitahuan menganai larangan wisuda di tingkat TK/SD/SMP.

“Iya kemarin saya menerima pemberitahuan tersebut melalui grup WA,” katanya.

Lanjut Nurhayati bahwa pihaknya tentu akan mengikuti kebijakan yang dikeluarkan oleh Disdik.

“Pasti kami akan mengikuti aturan yang ada, yang jelas di sekolah kami saat mengadakan acara pelaksanaan kelulusan atas persetujuan semua wali murid,” ungkapnya.

Sekretaris DPC Partai Demokrat Sampang Moh Saifudddin, menuturkan melalui fraksi partai dalam pandangan umum tersebut merekomendasikan eksekutif untuk segera menghapus prosesi wisudawan wisudawati pada tingkatan PAUD, TK SD SMP dan SMA baik swasta maupun negeri.

“Dasarnya kami Partai Demokrat melakukan kajian ini hampir 6 bulan lebih dan melakukan advokasi terhadap orang tua wali dan mereka mengatakan bahwa prosesi ini memberatkan orang tua wali, karena biaya yang dikeluarkan oleh para wali itu tidak sedikit bahkan sangat membebaninya,” terang Saifudddin.

Kemudian, hal ini juga tidak bisa membedakan antara siswa dan mahasiswa sehingga hal ini mengurangi kesakralan wisudawan pada jenjang strata 1 (S1). Sehingga merekomendasikan agar mengganti acara wisudawan dengan kegiatan perpisahan yang tidak mengeluarkan biaya tambahan.

“Kegiatan perpisahan ini disesuaikan dengan kultur masing-masing lembaga tersebut,” tandasnya.

Reporter : Ryan Hariyanto
Editor : Zainol

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.