Ilustrasi

Oleh : Imroatus Shalehah

*) Penulis adalah Mahasiswi IAIN MDURA.

Bulan suci Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan ampunan, serta dibukanya pintu-pintu langit dan ditutupnya pintu-pintu neraka dan syaitan-syaitan dibelenggu, banyak umat manusia menjadikan momentum puasa Ramadhan untuk memperbaiki diri dan memohon ampunan kepada Allah SWT. Karena pada bulan ini Allah membuka pintu ampunan yang seluas-luasnya, bulan Ramadhan juga sangat istimewa dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya karena pada bulan ini adalah waktu diturunkannya al-Qur`an atau yang sering disebut Nuzulul Qur`an. Hal ini dijelaskan dalam al-Qur`an surah Al-Baqarah ayat 185:
(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). karena itu, Barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, Maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan Barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), Maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.

Selain itu di bulan Ramadhan ini ada malam yang begitu istimewa dari seribu bulan yaitu malam Lailatul Qadar pada malam tersebut turun malaikat-malaikat untuk memberikan keberkahan serta ampunan kepada manusia yang ikhlas beribadah kepada Allah dan bertaqwa kepada-Nya. Namun pada malam Lailatul Qadar tidak semua orang bisa melihatnya, akan tetapi hanya orang-orang pilihan. Firman Allah dalam al-Qur`an surah Al-Qadr ayat 1-5:

1. Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan[1593].

2. Dan tahukah kamu Apakah malam kemuliaan itu?
3. Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.
4.Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.
5. Malam itu (penuh) Kesejahteraan sampai terbit fajar.
Beberapa keutamaan Malam Lailatul Qadar diantaranya:
1. Malam yang lebih baik dari seribu bulan, (Q.S Al-Qadr:3)
Dalam tafsir al-Thabari disebutkan ada Mujahid yang berpendapat bahwa yang dimaksud dengan “lebih baik dari seribu bulan” adalah amal, puasa, dan shalat, yang dikerjakan pada malam lailatul qadar lebih baik dari amalan yang dilakukan selama seribu bulan.
2. Dosa orang yang menghidupkan malam tersebut diampuni
Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah r.a Rasulullah SAW bersabda “Barang siapa melaksanakan shalat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni”. (HR. Bukhari)
3. Pada malam tersebut turun para malaikat dan malaikat jibril a.s ke bumi.
Pada malam tersebut turun para malaikat ke bumi yang jumlahnya tidak terhingga dan lebih banyak dari kerikil yang ada di bumi.
4. Malam penuh kesejahteraan.
5. Pada malam tersebut diturunkannya Al-Qur`an.
6. Allah menurunkan satu ayat lengkap yaitu surah Al-Qadr ayat 1-5.
Dikatakan bahwa datangnya malam lailatul qadar hanyalah Allah yang tahu, karena Allah akan menurunkan malam kemuliaan tersebut di malam-malam ganjil 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Maka dari itulah di 10 malam terakhir bulan Ramadhan kita dianjurkan memperbanyak amalan dan ibadah
Sebagian ulama juga menyebutkan tanda-tanda lailatul qadar diantaranya:
1. Udara dan angin pada malam ganjil itu terasa tenang tidak terlalu dingin dan juga tidak terlalu panas. Hal ini sesuai dengan hadits nabi: “Lailatu Qadar adalah malam yang penuh kemudahan dan kebaikan, tidak begitu panas, juga tida begitu dingin” (HR. Ibnu Huzaimah)
2. Seseorang sangat menikmati ibadahnya, mereka merasa sangat semangat dan tidak hentinya beribadah, karena pada malam tersebut turun para malaikat dan malaikat jibril ke bumi dengan membawa rahmat Allah.
3. Malam hari tampak sangat terang.dikarenakan pada malam lailatul qadar langit tidak ditutupi awan sedikitpun.
Beruntunglah orang-orang yang bisa melihat malam lailatul qadar, malam yang penuh keberkahan dan ampunan serta penuh kedamaian. Semoga kita semua termasuk manusia pilihan Allah yang bisa melihat serta menikmati malam Lailatu Qadar. Aamiin.(*)

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.