Kepala BPKSDM Sumenep, Titik suryati menunjukkan Smard Id Card yang baru diluncurkan

Sumenep, (Media Madura) – Inspektorat Kabupaten Sumenep mencatat ada peningkatan signifikan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) sejak diterapkannya absensi online Pemkab setempat sejak beberapa bulan terakhir.

Tidak hanya hari-hari biasa, saat Ramadan pun tingkat kedisiplinan abdi negara di lingkungan Pemkab Sumenep dikalim sangat baik. Sebagaimana disampaikan Inspektur Inspektorat Sumenep, Titik Suryati. 

“Kalau bicara kedisiplinan (ASN), Alhamdulillah sudah lebih baik ya, sejak adanya absensi online,” ujarnya, Jumat (24/5/2019).

Namun demikian, masih ada sebagian ASN atau PNS yang masih kerap bolos dan meninggalkan tugas. Menurut Yatik, faktornya banyak, di antaranya ada yang terlilit hutang sehingga tidak fokus dalam bekerja.

“Sejak di Inspektorat (menjabat Inspektur), saya mengetahui rata-rata ada sebagian PNS yang dikejar-kejar hutang sehingga tidak betah di kantornya. Tapi ada juga yang bolos karena sakit, namun tidak menyampaikan cuti sakit,” jelasnya.

Sayangnya, mantan Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) ini tidak merinci lebih detail mengenai jumlah dan tempat PNS bertugas yang masih kerap melanggar seperti sering absen tersebut. 

“Ada yang kepulauan, dan yang daratan kemarin juga ada, saya tidak hafal datanya ada di kantor. Tidak semua orang beruntung menjadi ASN, jadi kami berharap agar mereka tidak menyia-nyiakan, agar bekerja sesuai tugas dan tanggung jawab, karena PNS digaji negara,” pungkasnya.

Reporter: Rosy
Editor: Zainol

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.