Salah satu armada bus menaikkan penumpang di terminal Arya Wiraraja Sumenep

Sumenep, (Media Madura) – Kepala Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Arya Wiraraja Sumenep, Madura, Jawa Timur, Handoko Imam Hanafi mengklaim masalah angkutan di Sumenep hampir tidak ditemukan jelang Lebaran 2019

Bahkan ia memastikan, angkutan Lebaran khususnya jalur darat di Sumenep aman selama musim mudik dan balik lebaran.

“Untuk angkutan Lebaran, armada yang disiapkan kami kira cukup. Artinya tidak akan terjadi penumpukan penumpang,” terangnya, Jumat (24/5/2019).

Handoko menerangkan, armada yang disiapkan untuk Lebaran hampir mencapai 300 Blbus. Rinciannya 97 bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan 200 bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP). 

“97 bus AKP itu terdiri dari 5 PO, Di antaranya adalah Pahala Kencana, Hariyanto dan juga Madu Kismo,” jelasnya. 

Namun demikian, untuk 200 bus AKDP tidak semuanya aktif sehari-hari. Sebab, diketahui hanya sekitar 170 bus AKDP yang aktif sehari-hari, selebihnya biasanya muncul dan beroperasi saat mudik Lebaran.

“Tapi pada mudik dan balik lebaran biasanya bus yang setiap harinya tidak ambil penumpang di sini, jadi aktif semua. Sehingga persediaan bus kami prediksi aman,” terangnya.

Tetapi apabila nanti terjadi penumpukan penumpang karena kekurangan bus, pihaknya berjanji akan koordinasi dengan agen bus atau PO agar persoalan tersebut bisa diselesaikan dengan baik.

“Bisa saja kami minta penambahan armada kepada pihak PO. Tetapi itu kalau memang terjadi penumpukan penumpang, jika tidak ya berarti armada yang ada sudah lebih dari cukup,” pungkasnya.

Reporter: Rosy
Editor: Zainol

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.