Panitia penyelenggara di TPS 6 menunggu kehadiran pemilih pada Pemungutan Suara Ulang (PSU) pemilu 2019, Kamis (25/4/2019). (Ryan Hariyanto/MM).

Sampang, (Media Madura) – KPU Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU) khusus Pilpres 2019 di TPS 6 Desa Madupat, Kecamatan Camplong, Kamis (25/4/2019). Terlihat pelaksanaan coblos ulang ini nampak sepi pemilih.

Pantauan dilokasi, sekitar pukul 10.00 WIB, hanya sebagian pemilih mendatangi TPS untuk menyalurkan hak pilihnya. Bahkan sejumlah anggota polisi dan panitia penyelenggara duduk santai di teras rumah warga di depan TPS 6.

Di lokasi itu juga terlihat komisioner KPU dan Bawaslu Kabupaten Sampang ikut memantau proses PSU.

Tak lama kemudian, disusul oleh rombongan Kapolres AKBP Budhi Wardiman dan Dandim 0828 Sampang Letkol Czi Ary Syahrial serta Camat Camplong Taufik.

Kepolisian memastikan, berdasarkan pemantauan yang dilakukan, pemungutan suara ulang tersebut berlangsung aman dan kondusif.

“Sampai saat ini rangkaian pemungutan suara ulang di TPS 6 dan lainnya di Camplong dan Banyuates berjalan aman dan kondusif,” singkat Kapolres Sampang AKBP Budhi Wardiman.

Ketua Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) 6 Nuruddin, mengatakan di TPS ini ada 238 pemilih yang terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT). Namun, hanya 41 pemilih yang menggunakan hak pilih.

“Memang sepi dibandingkan dengan pemungutan suara yang berlangsung Rabu 17 April kemarin, ini belum separuhnya dari jumlah DPT,” kata Nuruddin, Kamis (25/4/2019).

Sementara Ketua KPU Sampang Syamsul Muarif, menuturkan untuk kebutuhan logistik di beberapa TPS yang menggelar PSU sudah dilakukan sebelum hari pelaksanaan.

“C6 atau surat pemberitahuan sudah disebar ke semua pengguna hak pilih pada H-1 PSU, pelaksanaan PSU ini sesuai rekomendasi Panwascam,” jelasnya.

Dirinya berharap tingkat kehadiran pemilih kembali meningkat dalam proses PSU di masing-masing kecamatan. “Kita harap sampai pukul 13.00 WIB masyarakat dapat berpartisipasi kembali pada PSU,” tuturnya.

Diketahui, pelaksanaan PSU yang berlangsung 25 April ini digelar di tiga TPS. Diantaranya, TPS 6 Desa Madupat dan TPS 9 Desa Rabasan, Kecamatan Camplong. Serta, TPS 3 Desa Trapang Kecamatan Banyuates.

Dalam coblosan ulang ini, TPS 6 diminta mencoblos ulang untuk memilih calon presiden dan wakil presiden. TPS 9 menggelar coblos ulang untuk lima surat suara. Kemudian, TPS 3 melakukan PSU untuk surat suara Caleg Dapil IV.

Terkait kesalahan yang mengakibatkan PSU, karena ketiga TPS tersebut diduga ada kecurangan sebelum pemungutan dimulai. Salah satunya di TPS 6, surat suara Pilpres dicoblos oleh oknum KPPS.

Reporter : Ryan Hariyanto
Editor : Zainol

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.