Pekerja menaikkan kotak suara ke atas truck saat pendistribusian logistik pemilu 2019 di Gedung Goor Indor Sampang, Sabtu (13/4/2019). (Ryan Hariyanto/MM).

Sampang, (Media Madura) – KPU Sampang, Madura, Jawa Timur, mulai mendistribusikan logistik Pemilu 2019 ke tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Pendistribusian logistik diberangkatkan dari Gedung Goor Indor Jalan KH Wahid Hasyim ke 186 desa/kelurahan dan 3.690 TPS, Sabtu (13/4/2019) pagi.

Logistik yang didistribusikan itu meliputi kotak suara, surat suara, dan berbagai kebutuhan logistik pemilu, seperti tinta dan alat tulis lainnya.

Ketua KPU Sampang Syamsul Muarif, mengatakan distribusi logistik dikirim menggunakan 31 armada truck. Pengiriman logistik pemilu akan berlangsung selama tiga hari, mulai hari ini 13 April hingga 15 April 2019.

“Pengiriman logistik pemilu ini kita ambil wilayah terjauh dulu, untuk hari ini ada empat Kecamatan yaitu Sokobanah, Karang Penang, Kedungdung, Robatal,” kata Syamsul Muarif usai pelepasan pengiriman logistik, Sabtu (13/4/2019).

Pendistribusian logistik ke kecamatan lainnya secara bertahap. Untuk distribusi logistik ke wilayah Pulau Mandangin Sampang dijadwalkan pada Senin (15/4) besok.

“Besok (14/4) wilayah Banyuates dan Ketapang,” ujarnya.

Syamsul menuturkan, dalam proses pengiriman logistik tersebut seluruh surat suara sudah dimasukkan dalam kotak suara yang tersegel. Segel kotak suara baru bisa dibuka pada saat hari H pemilihan, oleh petugas di masing-masing TPS dengan disaksikan seluruh pihak yang terkait dengan pelaksanaan pemilu di TPS.

“Terkait permohonan pergantian kekurangan surat suara karena ada yang rusak itu sudah terpenuhi hanya tinggal sedikit sekitar ratusan, insyaallah besok diambil, masih dalam proses,” terangnya.

Di sisi lain, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, pengiriman kotak suara dan seluruh logistik pemilu mendapat pengawalan ketat dari pihak kepolisian. Demikian juga saat masih tersimpan di PPK serta proses distribusi ke PPS dan TPS.

“Jadi strategi pengamanan proses distribusi logistik pemilu ini setiap armada truck ada satu petugas, mohon terus berkoordinasi dengan Kapolsek setempat dengan situasi dan kondisi apapun,” ungkap Kapolres Sampang AKBP Budhi Wardiman.

Pelepasan logistik pemilu secara simbolik dilakukan Ketua KPU Sampang Syamsul Muarif, juga dihadiri oleh Ketua Bawaslu Insiyatun, Kapolres dan Dandim 0828.

Reporter : Ryan Hariyanto
Editor : Zainol

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.