Divisi Sengketa Pemilu Bawaslu Kabupaten Sampang Muhalli. Ryan Hariyanto/MM).

Sampang, (Media Madura) – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, akan mensosialisasikan tekhnis penyelesaian sengketa pemilu 2019. Rapat kerja itu berlangsung di aula Hotel Camplong, Rabu (10/4/2019) besok.

Divisi Sengketa Pemilu Bawaslu Kabupaten Sampang Muhalli, mengatakan sosialisasi ini juga akan dihadiri seluruh Pengawas Kecamatan (Panwascam). Bebeberapa hal yang ingin disampaikan mengenai tata cara penyelesaian sengketa proses pemilu Antar Peserta (PSAP) beserta petunjuk teknisnya (juknis) serta sosialisasi mengenai perubahan Peraturan Bawaslu (Perbawaslu).

Panwascam diharapkan bisa memahami tata cara penyelesaian sengketa pemilu antar peserta di tataran Panwascam Kordiv HPP maupun PHL. Penyelesaian sengketa tersebut korelasinya bersumber dari berita acara atau putusan KPU.

“Yang disengketakan itu muaranya dari putusan KPU atau berita acara yang dikeluarkan KPU, baik peserta dengan peserta atau peserta dengan penyelenggara, apabila sengketanya peserta pemilu dengan penyelenggara maka yang nangani bukan lagi Panwascam melainkan Bawaslu Kabupaten, sedangkan apabila sengketa antar peserta pemilu nanti yang nangani itu Panwascam,” kata Muhalli, Selasa (9/4/2019).

Dalam sosialisasi, nantinya Bawaslu akan menyampaikan PerBawaslu Nomor 18 Tahun 2017 yang berubah menjadi Nomor 18 Tahun 2018. Kemudian pula perubahan PerBawaslu Nomor 5 tahun 2019, semua perubahan Perbawaslu tersebut berkenaan dengan penyelesaian sengketa.

“Harapan kami agar semua panwascam memahami secara teknis berkaitan dengan penyelesaian sengketa proses pemilu antar peserta, yang terpenting pula harapan kami kepada teman-teman di bawah dapat mengakomodir semua permasalahan berkenaan yang bisa disengketakan di bawah,” harapnya.

Reporter : Ryan Hariyanto
Editor : Ist

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.