Salah satu hewan ternak untuk kurban tahun anggaran 2016 lalu milik Dinas Sosial Kabupaten Sampang. (Ryan Hariyanto/MM).

Pamekasan, (Media Madura) – Memasuki musim kemarau ke musim penghujan atau pancaroba sangat mempengaruhi kesehatan hewan. Terlebih pada hewan yang rentan terserang penyakit akibat iklim yang sering berubah-ubah secara tiba- tiba.

Di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, banyak hewan ternak jenis unggas yang sering terserang penyakit. Seperti, ayam bebek, dan sejenisnya. Unggas tersebut jika tidak segera di tangani bisa menyebabkan kematian.

“Kematiannya bisa 90 – 100 persen untuk unggas seperti ayam ras atau ayam buras. Lalu penyakit flu burung tapi rata-rata penyakit ini menyerang pada ayam ras potong yang masih berumur 1-15 hari,” terang Kasi Pengamatan Penyakit Hewan dan Pelayanan Medik Veteriner Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Pamekasan, Moh Fachrur Rosi. Rabu (13/3/2019) pagi.

Lebih lanjut ia menjelaskan, dari sekian banyaknya hewan yang ada potensi terserang penyakit di musim pancaroba seperti peluang terserang virus.

“Tapi lebih banyak menyerang unggas karena tubuhnya yang kecil. Kita sudah sering melakukan sosialisasi pada masyarakat mana makanan yang tidak sehat untuk unggas,” pungkasnya.

Reporter: Zubaidi
Editor : Ist

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.