Kemkominfo RI dan Pemkab Pamekasan duet Sosialisasi Belanja dan Jualan Online

Advertisement

Pamekasan, (Media Madura) – Teknologi Informatika dan Komunikasi di Era digital berkembang semakin pesat dan merambah hampir semua sektor kehidupan masyarakat. Berbagai hal kini dapat diakses menggunakan telepon seluler hanya dengan sentuhan satu jari saja. Semakin hari semakin banyak orang terhubung melalui internet. Gaya hidup, pola komunikasi dalam keluarga dan masyarakat, transportasi, perdagangan, sistem pembayaran dan perbankan, turut mengalami revolusi teknologi.

Perkembangan penggunaan internet yang semakin luas sekarang ini sudah semestinya dapat dipakai untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Internet memberikan kemudahan yang luar biasa bagi siapa saja untuk mencari dan mendapatkan berbagai informasi yang mereka butuhkan dengan cepat dan hemat termasuk memasarkan produk-produk UMKM.

Kontribusi UMKM terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia mencapai 62,58 persen dan penyerapan tenaga kerja 96,99 persen, dengan jumlah UMKM hampir mencapai 60 juta unit. Dari jumlah tersebut sekitar 6,4 juta pelaku UMKM telah memanfaatkan platform online untuk memasarkan produknya. Karenanya inovasi pemasaran dan distribusi UMKM, juga harus dikembangkan seiring dengan kemajuan teknologi digital.

Selain itu, perkembangan Perbankan dan Koperasi yang mampu memberikan kemudahan akses fasilitas transaksi serta permodalan secara teknologi digital, dapat membantu meningkatkan ketersediaan produk, pemasaran dan distribusinya.

Disamping adanya dukungan pemerintah kepada UMKM diantaranya adalah melalui kebijakan, pelatihan pengembangan kapasitas SDM di bidang TIK, serta memfasilitasi pemasaran dan promosi berbasis digital agar dapat bersaing dan menjangkau seluruh daerah dan masyarakat luas.

Berkenaan dengan itu, Direktorat Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim, Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik, Kemkominfo RI bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Pamekasan, dan Komunitas Kebaya Kopi dan Buku akan menyelenggarakan “Forum Sosialisasi Belanja dan Jualan Onilne: Murah, Cepat dan Aman”.

Adapun tujuannya adalah Membantu Pengusaha UMKM dan Koperasi, serta masyarakat umum sampai di tingkat daerah terkecil (RT/RW/Kelurahan), agar mampu memanfaatkan Teknologi Informatika dan Komunikasi untuk mengoptimalkan komunikasi, penyediaan produk, pemasaran daring, distribusi, serta pengelolaan keuangan yang dapat diakses secara mudah oleh masyarakat global sehingga dapat memenuhi kebutuhan pokok serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selain itu juga yang tidak kalah penting adalah untuk meningkatkan sinergitas antar komponen bangsa dalam meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan rakyat di era digital.

Forum sosialisasi ini berlangsung pada hari Rabu, 27 Februari 2019, di Pendopo Ronggosukowati Pamekasan Jawa Timur. Acara dibuka dengan keynote speech dari Bupati Pamekasan Badrut Tamam dan dibuka oleh Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Ibu Septriana Tangkary, yang dilanjutkan dengan paparan, sesi diskusi dan onboarding.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here