Pengendara melintasi jalan rusak di lampu lalu lintas Jala Rajawali Kota Sampang, Selasa (12/2/2019). (Ryan Hariyanto/MM).

Sampang, (Media Madura) – Kondisi jalan nasioanal berlubang di sepanjang Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur membahayakan para pengguna jalan, terutama roda dua.

Jalan berlubang dengan kedalaman mencapi 30 sentimeter membuat pengendara motor yang tidak waspada akan menjadi penyebab kecelakaan.

Titik kerusakan jalur nasional itu berada di wilayah Kecamatan Jrengik hingga memasuki Kota Sampang. Tak hanya jalur nasional, jalan kabupaten juga rusak. Tepat di traffic light Jalan Rajawali.

“Kalau lewat sini harus pelan, apalagi melintas di malam hari, pengendara motor ada yang sampai terjatuh dan pengendara mobil ada yang patah rodanya,” ujar Lutfi (35) warga Jrengik, Selasa (12/2/2019).

Dia berharap pemerintah segera memperbaiki jalur nasional yang rusak tersebut. Hal ini agar pengguna jalan nyaman berkendara dan tidak mengalami kecelakaan akibat jalan rusak.

Sementara Kepala Pembantu UPT Dinas Pekerjaan Umum PU Bina Marga Provinsi Jawa Timur di Sampang Moh Haris, menegaskan rusaknya jalan nasional bukan menjadi wewenang dinasnya. Melainkan tanggungjawab Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Surabaya.

Kata Haris, pihaknya sudah melakukan perbaikan jalan provinsi di Sampang seperti di jalur Sampang-Ketapang, Sampang-Omben, dan lainnya.

“Kalau wilayah wewenang saya sudah dikerjakan, tahun 2018 kemarin digelontarkan Rp 3 miliar lebih per tahun, jalau tahun ini dananya kecil karena sudah banyak peningkatan jalan,” ungkapnya.

Terpisah Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas PUPR Sampang Hasan Mustofa, mengaku dalam waktu dekat jalan kabupaten yang rusak tersebut akan segera diperbaiki.

“Tahun ini diperbaiki, masih proses, memang benar jalan rusak seperti di Jalan Rajawali itu kewenangan kami,” singkat Hasan di balik telepon.

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.