Wali Kota Probolinggo dan Wakilnya serta Bupati Sampang dan Wakilnya mengambil sumpah jabatan saat pelantikan di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu (30/1/2019). (Foto: Humas Pemkab Sampang)

Sampang, (Media Madura) – Gubernur Jawa Timur Soekarwo resmi melantik H. Slamet Junaidi dan H Abdullah Hidayat (Jihad) menjadi Bupati dan Wakil Bupati Sampang, Madura. Pelantikan berlangsung pukul 09.00 WIB di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Rabu (30/1/2019).

Pelantikan Bupati Sampang itu bersamaan dengan pelantikan Hadi Zainal Abidin dan Moch Soufis Subri dilantik sebagai Wali Kota Probolinggo dan Wakil Wali Kota Probolinggo periode 2019-2024.

Pantauan di lapangan, pejabat yang akan dilantik sudah siap di ruangan sebelum Soekarwo datang. Tak lama, Soekarwo tiba di Gedung Negara Grahadi Surabaya. Pelantikan langsung dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Setelah itu, acara dilakukan dengan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan. Sebelumnya, Soekarwo terlebih dahulu menanyakan kesiapan para pejabat yang akan dilantik dalam jabatan yang baru apakah siap mengemban amanat yang diberikan.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia dan taat kepada UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-perundangan dengan selurus-lurusnya, demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” ujar seluruh pejabat yang dilantik saat membaca sumpah jabatan.

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dan dengan penuh rasa tanggung jawab, bahwa saya akan menjaga integritas, tidak menyalahgunakan kewenangan serta menghindarkan diri dari perbuatan tercela,” lanjut mereka.

Dalam sambutannya, Gubernur Soekarwo akrap disapa Pakde Karwo, mengingatkan bupati dan wali kota yang baru dilantik untuk segera berkoordinasi serta bertemu DPRD setempat.

Termasuk menyarankan kepala daerah itu mengunjungi Forkopimda untuk silaturahim, antara lain ke Kepala Kepolisian, Kepala Kejaksaan Negeri, Dandim, tokoh masyarakat, dan tokoh agama setempat.

“Sampaikan visi misi yang gambarannya jelas karena sebagai rancangan program memimpin ke depan,” ucap Pakde Karwo.

Usai pengambilan sumpah jabatan bupati sampang dan wakilnya serta wali kota probolinggo dan wakilnya juga dilakukan pelantikan ketua tim penggerak PKK dan ketua Dekranasda Kabupaten Sampang dan Kota Probolinggo bakti 2019-2024.

Kabag Humas Pemkab Sampang Yulis Juwaidi menyampaikan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan bupati dan wakilnya berjalan lanjar. Usai pelantikan, Slamet Junaidi dan Abdullah Hidayat akan menuju ke Pendopo Jalan Wijaya Kusuma.

“Ke Pendopo habis ini akan bertemu dengan Forkopimda, tokoh masyarakat dan tokoh agama,” singkat Yulis di balik telepon.

Untuk diketahui, Bupati Sampang dan Wakilnya diambil sumpahnya setelah memenangi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) setempat 2018, termasuk melalui proses pemungutan suara ulang sesuai keputusan Mahkamah Konstitusi.

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.