Ketua Bawaslu Sumenep, Anwar Noris

Sumenep, (Media Madura) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur menghentikan pengiriman paket berisi Tabloid ‘Indonesia Barokah’ ke sejumlah tujuan di Sumenep.

Pasalnya, tabloid dengan sasaran pesatren dan masjid tersebut menuai kontroversi karena beredar menjelang Pilpres dan isinya pun dinilai tak cover bothside.

“Kami belum bisa bicara ada unsur pelanggaran (Pemilu) atau tidak. Tetapi penyebaran tabloid itu kami hentikan karena kami menginginkan Sumenep kondusif,” kata Ketua Bawaslu Sumenep, Anwar Noris saat dikonfirmasi media ini, Jum’at (25/1/2019).

Kata Noris, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak Pos Indonesia Cabang Sumenep untuk menyetop pengiriman tabloid yang serupa dengan ‘Obor Rakyat’ pada Pemilu tahun 2014 lalu.

“Di kantor pos menumpuk, di sana menunggu dikirim, tapi kita setop dulu pemyebarannya, sementara kita juga berkoordinasi dengan pihak Kepolisian,” tandasnya.

Seperti diberitakan, Tabloid ‘Indonesia Barokah’ yang beredar di sejumlah daerah di Indonesia juga ditemukan beredar di wilayah Kecamatan Gayam, Pulau Sapudi, Kabupaten Sumenep yanh dikirim ke sebuah masjid.

Berdasarkan penelusuran mediamadura.com, tabloid tersebut berisi sejumlah rubrik dan konten informasi prestasi-prestasi Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo, sementara tidak diimbangi dengan berita Capres nomor urut 02.

“Kita belum tahu pengirimnya dari mana, tetapi secara garis besar isi dari tabloid tersebut berisi prestasi salah satu paslon. Informasinya ini sudah tersebar di banyak daerah,” terang Noris singkat.

Dari boks redaksi, tabloid tersebut beralamat Jalan Haji Kerenkemi, Rawa Bacang, Jatirahayu, Kecamatan Pondok Melati Bekasi dengan Pemimpin Redaksi Ichwanuddin.

Sedangkan isi tabloid diantaranya berjudul, ‘Renuni 212 : Kepentingan Umat atau Kepentingan Politik?’ dan Parabowo ‘Marah, Media Dibelah’ pada Laporan Utama, ‘Membohongi Publik untuk Kemenangan Publik?, Membongkar Strategi Semprotan Kebohongan’ di Liputan Khusus serta konten lainnya.

Reporter : Rosy
Editor : Ist

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.