Supermoon

Sampang, (Media Madura) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan adanya fenomena supermoon yang terjadi di perairan wilayah Provinsi Jawa Timur khususnya di Pulau Madura.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sampang Anang Djoenaedi, menyampaikan fenomena supermoon atau bulan purnama yang terjadi belakangan ini menyebabkan gelombang laut meninggi. Warga diminta lebih waspada ketika berada di kawasan pantai.

“Tinggi gelombang air laut di bagian selatan mencapai dua meter, sedangkan bagian pantai utara mencapai empat meter,” jelasnya, Kamis (24/1/2019).

Fenomena tersebut, mengganggu aktivitas seluruh nelayan di wilayah perairan pantai utara. Sehingga nelayan tidak ada yang berani melaut.

“Akibatnya, nelayan di wilayah utara tidak bisa melaut selama tiga hari,” ujarnya.

Menurut Saifullah (40), nelayan asal Desa Dharma Camplong Kecamatan Camplong, mengaku tidak berani melaut dengan kondisi ombak terlalu tinggi. Maka itu, meski sempat mencoba melaut pada pagi harinya tadi, namun dirinya terpaksa kembali sebelum sempat menebar jaring.

“Mending milih kembali tidak melaut dari pada terjadi sesuatu hal, kami sangat takut gelombang tinggi pak,” paparnya.

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Ahmadi

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.