Pj Bupati Sampang Jonathan Judianto. (Ryan Hariyanto/doc.MM)

Sampang, (Media Madura) – Pemerintah Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, dalam waktu dekat akan menerapkan sistem pembayaran retribusi elektronik (e-retribusi) untuk pasar tradisional.

Hal itu diungkapkan Pj Bupati Sampang Jonathan Judianto. Dia mengatakan, sistem e-retribusi diharapkan mampu membuat pembayaran retribusi lebih efisien, transparan dan mencegah penyimpangan.

“Kalau ini dijalankan tidak ada lagi kebocoran keuangan daerah karena aksesnya cuman satu nama pembayaran di bank, dan tidak ada lagi jual beli kios karena sudah by name by address,” ucap Jonathan seusai sidak pasar hewan, Kamis (10/1/2019) siang.

Nantinya, lanjut Jonathan, pembayaran retribusi langsung masuk secara real time ke masing-masing rekening kas daerah (Kasda) yang ada di Bank Jatim.

“Kita sudah berkoordinasi dengan Bank Jatim, dan sudah siap melaksanakan penerapan itu, pembayaran retribusi pasar dan pajak nanti,” jelasnya.

Kata Jonathan, rencana sistem e-retribusi ini terlebih dulu mulai dipusatkan di wilayah perkotaan pasar tradisional. Dengan begitu diharapkan berdampak dalam penghematan biaya operasional.

“Sistem ini sudah dijalankan di Banyuwangi, ini demi efisiensi dan sangat yakin pasti PAD kita memenuhi dari target,” tuturnya.

Menurut Ketua Jaka Jatim Koorda Sampang Sidik, mengapresiasi kebijakan pemerintah menerapkan sistem e-retribusi. Namun, masih ada beberapa hal yang perlu dievaluasi dalam menjalankan rencana tersebut.

Misalnya, keberadaan pengusaha nakal yang sampai saat ini belum memiliki izin usaha.

“Ketaatan pelaku usaha tentang perizinan ini yang perlu diperbaiki, contoh pemilik hotel maupun rumah makan, mereka ada yang tidak punya izin secara otomatis tidak bisa menyumbang ke PAD kita,” tandasnya.

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Ahmadi

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.