Bupati Sumenep, A Busyro Karim.

Sumenep, (Media Media) – Sejumlah jabatan di beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur hingga awal tahun 2019 ini masih kosong.

Jabatan yang kosong dan dijabat oleh Plt diantaranya, Asisten Bagian Perekonomian, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga, Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Bakesbangpol dan Kepala Dinas Pendidikan.

Menanggapi hal itu, Bupati Sumenep, A Busyro Karim mengatakan, bahwa pihaknya tidak bermaksud membiarkan kursi Kepala OPD, Asisten dan Kepala Badan tersebut berlama-lama dijabat Plt.

“Sebelum mengambil keputusan untuk pengisian jabatan eselon II tersebut, kami masih akan melakukan konsultasi kepada Pemerintah Pusat, agar setelah kebijakan ditetapkan tidak menimbulkan permasalahan dikemudian hari,” ujar Busyro, Jum’at (4/1/2019).

Kata Busyro, sejumlah OPD belum dijabat oleh pejabat definitif disebabkan karena berbenturan dengan aturan. Menurutnya, setiap yang menjabat sebagai Kepala OPD minimal bisa dipindah ke OPD lain setelah menjabat dua tahun.

Disamping itu, mutasi untuk eselon II juga harus mengacu pada hasil assesment, sehingga mengharuskan adanya rotasi dari Kepala OPD yang satu ke OPD lain.

“Karena setiap yang duduk tidak boleh dipindah kecuali dua tahun, padahal kebutuhan di bawah kadang diputar, menyesuaikan dengan hasil assesment,” tegasnya.

Namun demikian, mantan Ketua DPRD dua periode ini menegaskan jika belum terisinya jabatan kosong tersebut tidak lah terlambat, dan ia memastikan jika tahun 2019 semua OPD sudah dijabat oleh pejabat definitif. 

“(Apakah pengisian jabatan tidak lambat?) Ya tidak lambat lah, karena ini memang harus 2019, seandainya boleh pada 2018 kemarin, sudah saya laksanakan sejak kemarin,” pungkasnya.

Reporter: Rosy
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.