Sumenep, (Media Madura) –  Jumlah penderita penyakit kusta di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur masih relatif tinggi, selama 2018 angka penderita penyakit menular tersebut masih mencapai ratusan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumenep, A. Fatoni mengatakan, saat ini masih terdapat 146 orang yang positif menderita penyakit kusta. 146 penderita itu rata-rata merupakan penderita baru. 

“Sehingga penyakit tersebut bisa aktif dan juga bisa pasif. Tetapi, itu sudah ada pengurangan dari tahun sebelumnya yang mencapai sekitar 400 penderita,” katanya, Sabtu (15/9/2018).

Fathoni menyebut, dilihat dari jumlah populasi penduduk, penderita kusta ydi Sumenep berada di Kecamatan Talango dan Kecamatan Batuputih. Di Batuputih jumlah penderita sebanyak 20 orang.

Penyakit ini, menurutnya, menular melalui kontak kulit yang lama dan erat dengan penderita. Disamping juga bisa menular melalui inhalasi alias menghirup udara, karena bakteri penyebab penyakit kusta dapat hidup beberapa hari dalam bentuk droplet (butiran air) di udara.

“Karenanya, kita harus menhaga pola hidup sehat dengan cara hidup bersih dan higienis. Supaya daya tahan tubuh tetap terjaga,” sarannya.

Reporter : Rosy
Editor : Ist

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.