Sumenep, (Media Madura) – Salah satu Anggota Ombusman RI, Ahmad Suaedy menyebut, ada sederet faktor yang menjadi menggambat pelayanan publik di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Pelayanan publik dimaksud utamanya pelayanan bagi warga wilayah Kepulauan, sehingga, sejauh ini dinilai masih belum terealisasi secara maksimal. Diantara hambatan itu, yakni jaringan listrik, jaringan sinyal dan alat transportasi laut.

“Listrik dan sinyal dan transportasi laut ini akan berdampak besar terhadap pelayanan kesehatan, pendidikan dan administrasi kependudukan,” kata Suaedy pada awak media saat berada di Sumenep, Jumat (14/9/2018).

Untuk itu, kata Suaedy, pemerintah daerah harus maksimal dalam memecahkan faktor yang menjadi kendala itu. Sebab, jika jaringan listrik, sinyal dan alat transportasi laut tidak ada perubahan, maka dipastikan pelayanan publik akan tetap berjalan di tempat.

“Pemerintah daerah jangan bicara yang lain dulu. Kendala utamanya dalam peningkatan pelayanan publik itu yang harus disingkirkan dulu,” tegasnya.

Dilain pihak, Ombusman juga mendorong pemerintah Provinsi dan Pusat agar terus mendukung pemerintah daerah mengurai kendala yang sangat menghambat layanan publik, khususnya bagi warga terpencil di kepulauan tersebut.

“Di alat transportasi misalnya, selama ini hanya bergantung pada alat transportasi laut yang relatif minim. Nah, ini perlu sikap yang serius dari pemerintah kalau memang benar-benar menginginkan pelayanan publik berjalan maksimal,” imbuhnya.

Untuk diketahui, anggota Ombusman RI, Ahmad Suaedy, berada di Sumenep dalam rangka mengisi acara seminar yang digelar beberapa lembaga. Ia berada di Sumenep selama dua hari, Kamis dan Jum’at (13-14/9/2018). 

Reporter : Rosy
Editor : Ist

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.