Pamekasan – Akibat musim kemarau yang panjang membuat rumput mengering, hal tersebut sangat menyulitkan para peternak sapi untuk mencari pakan.

Kondisi tersebut dirasakan oleh salah satu warga, Murakib ( 45 ), salah satu peternak sapi di Dusun Pangaporan, Desa Plakpak, Kecamatan Pegantenan. Selama musim kemarau ia sangat kesulitan untu mendapatkan rumput.

Sulitnya situasi bagi peternak sapi ini direspon oleh anggota TNI, yakni Babinsa Koramil 0826/07 Pegantenan Desa Plakpak Sertu Abd jalal. Ia memberikan penyuluhan dan pengetahuan bahwa jerami bisa menjadi solusi pakan ternak.

Sertu Abd jalal mengatakan, kemarau yang panjang memang sesuatu persoalan yang sangat dirasakan oleh masyarakat khususnya para peternak sapi.

“Tetapi kami berharap agar para pernak sapi tetap memelihara sapi walaupun di musim kemarau, cara mengatasinya yaitu memanfaatkan jerami padi yang selama ini dibuang begitu saja. Jerami bisa dilakukan fermentasi atau tidak, namun lebih bagus dilakukan fermentasi, biar bisa memenuhi nilai gizi yang pada sapi, dengan jerami beternak menjadi mudah disaat musim kemarau,” tuturnya.

Rilis

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.