Petugas kebakaran berjibaku memadamkan kobaran api

Pamekasan, (Media Madura) – Selama sehari, Jumat (7/8/2018) kebakaran di Pamekasan, Madura, Jawa Timur terjadi hingga tiga kali.

Dikatakan oleh Koordinator Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulan Bemcana Daerah (BPBD) Pamekasan, Budi Cahyono, kebakaran terjadi berstatus setengah darurat. Karena, kebakaran hanya melanda lahan pertanian, semak-semak, dan tumpukan sampah.

“Alhamdulillah, api bisa dipadamkan. Kebakaran sudah tiga kali, jenis kebakaran sekecil apa pun harus dipadamkan dengan penyemprotan dari Damkar,” katanya, Jumat (7/9).

Namun, tambah Budi, jika kebakaran itu dibiarkan dikhawatirkan menjalar ke permukiman warga, dan benda berharga lainnya.

Pertama kebakaran terjadi Desa Samatan, Proppo yang melanda lahan ilalang kering yang hampir menjalar ke lahan pertanian warga.

Kedua, kebakaran sampah nyaris merembet ke rumah warga di Desa Peltong, Kecamatan Larangan.

Terakhir, kebakaran tumpukan sampah di utaranya RSUD Slamet Martodiwirdjo.

“Kebakarannya yang di Samatan, Proppo sekitar pukul 09.30 WIB, yang di Peltong pukul 13.30 WIB. Kemudian, yang di utaranya RSUD pukul 15.00 WIB,” ujar Budi.

Meski demikian, belum diketahui motif terjadinya kebakaran di tiga lokasi berbeda itu. Namun, dugaan kuat dari puntung rokok.

“Kami terus melakukan sosialisasi, agar peran aktif masyarakat menjaga lingkungan dari bahaya kebakaran sangat tinggi,” tutup Budi.

Reporter: Rifqi
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.