Proses merajang tembakau Madura

Sumenep, (Media Madura) – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur diminta proaktif menjaga dan mengendalikan harga tembakau rajangan petani, dengan cara inten berkomunikasi dengan pihak pabrikan.

Pasalnya, harga tembakau rentan dipermainkan oleh oknum-oknum tengkulak maupun pabrikan. Sehingga, meski harga tembakau mahal, tapi petani justru menjual murah akibat permainan kotor oknum tersebut.

“Sama dengan harapan petani, kami meminta pemerintah memperjuangkan harga tembakau. Berharap juga harga yang ditetapkan pabrikan lebih mahal dari tahun sebelumnya,” ungkapnya ,Jumat (7/9/2018).

Menurut politisi NasDem ini, petani tembakau selalu ingin harga yang ditentukan pabrikan tidak merugikan petani. Oleh sebab itu, pemerintah harus berpihak kepada rakyat, bukan kepada pengusaha.

“Masalah harga jangan sampai dipermainkan oleh siapapun, jika itu terjadi, pemerintah berhak melakukan penekanan untuk membela petani tembakau. Jadi, tak ada alasan pemerintah berpangku tangan saja terkait niaga tembakau ini,” tegasnya.

Sementara itu, dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (Dispertahorbun) Sumenep, Bambang Heriyanto menyarankan petani menjual tembakaunya langsung ke pabrikan.

“Supaya harga tembakau itu mahal atau sesuai dengan patokan pabrik, maka kami sarankan petani langsung menjual tembakaunya ke pabrikan,” ujarnya singkat.

Seperti diberitakan sebelumnya, hingga kini ada dua gudang atau perusahaan yang telah membuka pembelian tembakau petani, yakni PT Giri Dipta Sentosa di Gukuk-guluk dan PT Surya Kahuripan Semesta di Patean Sumenep.

Di PT Giri Dipta Sentosa yang buka sejak 13 Agustus 2018 melakukan pembelian tembakau rajangan terendah Rp 36 ribu per kg dan tertinggi Rp 53 ribu. Sedangkan di PT Surya Kahuripan Semesta yang buka sejak 15 Agustus 2018 harga terendah Rp 30 ribu per kg dan tertinggi Rp 53 ribu. 

Reporter: Rosy
Editor: Ahmadi

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.