Ilustrasi

Pamekasan, (Media Madura) – Rekrutmen Calon Aparatur Negeri Sipil (CPNS) merupakan momentum yang selalu di tunggu – tunggu oleh ribuan orang setiap tahunnya, tidak terkecuali di Kabupaten Pamekasan Madura Jawa Timur.

Untuk tahun ini sendiri dikutip dari Kompas.com penerimaan CPNS akan di buka pada pertengahan bulan ini yaitu, dari tanggal 16 Sampai 20 september 2018.

Pendaftaran akan dilakukan serentak secara online melalui portal sscn.bkn.go.id. Calon pelamar hanya diperbolehkan mendaftar pada satu instansi pemerintah dan satu formasi jabatan.

Sedangkan, untuk jatah CPNS sendiri yang akan diterima berjumlah 238.015 orang. Dari jatah tersebut Pemerintah Kabupaten Pamekasan mendapatkan jatah CPNS sebanyak 350 orang.

“Jika berdasarkan PNS pensiun kemungkinan besar Pemkab Pamekasan mendapatkan kuota CPNS hanya 350 orang,” ucap Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pamekasan, Lukman Hedi Mahdia Jumat (7/9/2018).

Sedangkan tambah Lukman, Pemerintah setempat telah mengajukan CPNS 2018 sebanyak 500 orang terhadap Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Kemenpan – RB.

Namun, dari jumlah yang telah diajukan menurutnya sangat sulit untuk terpenuhi. Karena, rekrutmen CPNS sendiri berdasarkan jumlah pejabat yang pensiun di setiap daerah.

“Kami telah mengajukan 500 orang CPNS untuk tahun ini. Namun, itu sangat sulit terpenuhi, karena rekrutmen CPNS setiap tahunnya dihitung berdasarkan jumlah CPNS yang sudah pensiun,” tambahnya.

Sedangkan, untuk persentase kebutuhan PNS di Kabupaten Pamekasan tahun ini paling banyak dari tenaga pendidikan, tenaga medis dan sisanya untuk dinas teknis.

“Tahun ini yang paling banyak dari tenaga Pendidikan dan tenaga medis sisanya lagi dari dinas teknis,” pungkasnya.

Reporter : Zubaidi
Editor : Ist

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.