Ilustrasi Kantor KPU. (Ryan Hariyanto/MM).

Sumenep, (Media Madura) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep, Madura, Jawa Timur memastikan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Sumenep pada Pemilu 2019 mendatang akan bertambah dibandingkan Pilgub Jatim.

“Ya, untuk jumlah TPS pada Pilgub 2018 lalu di Sumenep sebanyak 2.400 TPS. Sedangkan pada Pilpres dan Pileg 2019 mencapai 4.315 TPS,” kata Komisioner KPU Sumenep, Malik Mustofa, Jum’at (31/8/2018).

Malik menerangkan, penambahan TPS yang hampir dua kali lipat dikarenakan adanya kebijakan dari KPU Pusat terkait batasan pemilih di setiap TPS, dimana pada Pemilu 2019 maksimal hanya 300 DPT setiap TPSnya.

“Kalau Pilgub kemarin maksimal 800 pemilih dalam 1 TPS. Tapi sekarang sudah dibatasi hanya 300 DPT saja. Sehingga perlu penambahan TPS,” paparnya.

Dusamping berdasar pada keputusan KPU, faktor penambahan kotak suara juga menjadi pertimbangan melakukan peningkatan jumlah TPS. Pada Pemilu 2019 nanti, akan ada lima kotak suara. Yakni Pilpres, Pileg DPR RI, DPRD I, DPRD II dan DPD RI.

“Banyaknya kotak suara tersebut akan berimbas pada proses pemungutan dan penghitungan surat suara. Nah, tentu dengan DPT yang lebih sedikit akan mempermudah petugas di TPS dan mempersingkat kerja KPPS,” ujarnya.

Sementara itu, selain memastikan jumlah TPS yang bertambah sangat banyak, KPU Sumenep sebelumnya juga telah menetapkan DPT Pemilu 2019 yang juga mengalami penambahan, yaitu mencapai 868.171 orang atau naik 14.023 pemilih dari jumlah DPT di Pilgub 2018 kemarin.

Reporter : Rosy

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.