Ketua KPU Sumenep, A. Warits

Sumenep, (Media Madura) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupten Sumenep, Madura, Jawa Timur resmi merilis daftar calon sementara (DCS) Bacaleg DPRD Sumenep untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 mendatang.

Berita acara Hasil Penelitian Perbaikan Persyaratan Pencalonan dan Persetujuan Rancangan DCS ini disampaikan di sebuah hotel yang dihadiri seluruh perwakilan partai politik peserta pemilu, Minggu (12/8) kemarin.

Ketua KPU Sumenep, Abd. Waris mengatakan, pihaknya telah melakukan telaah terhadap berkas-berkas persyaratan yang di ajukan semua Bakal calon legislatif, seperti melakukan validasi terhadap legalisir ijazah yang bersangkutan ke lembaga yang mengeluarkannya.

Hasilnya, ada beberapa yang tidak sesuai, bahkan ada bacaleg yang hanya menyetorkan nama saja tanpa melampirkan berkas yang lain hingga akhir masa perbaikan, sehingga yang bersangkutan harus dicoret.

“Ada sebagian Bacaleg yang diajukan parpol itu menyetorkan nama saja hingga akhir masa perbaikan dan itu kita nyatakan tidak memenuhi syarat (TMS),” ujarnya.

Setelah dilakukan pencermatan dan akurasi data terhadap berkas yang diajukan oleh 613 bacaleg, ternyata hanya 586 yang menenuhi syarat, sementara sisanya 27 bacaleg dinyatakan tidak memenuhi persyaratan.

“Jadi total ada 27 bacaleg yang dicoret karena tidak memenuhi persyaratan,” jelasnya.

Adapun ke 27 bacaleg yang tidak memenuhi syarat tersebut yaitu berasal dari PDI Perjuangan 7 Orang, Berkaya 4 orang, Perindo 1 orang, PPP 4 orang, PSI 10 orang, dan Demokrat 1 orang.

Reporter: Rosy
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.