Rabu, Mei 18, 2022

Bendera Sepanjang 170 Meter Diarak Keliling Alun-alun Sampang

Must read

Sampang, (Media Madura) – Bendera merah putih berukuran 170 meter dan lebar 80 cm berhasil diarak ratusan warga bersama Pasukan Paskibraka dalam rangka menyambut Asian Games 2018 serta memeriahkan ke-73 Hari Kemerdekaan Indonesia yang dikemas Harmoni Indonesia di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, Minggu (5/8/2018) pagi.

Bendera sepanjang ratusan meter itu diarak sambil dibentangkan mengitari alun-alun Wijaya Kusuma.

Ukuran 170 meter dengan lebar 80 cm ini mempunyai makna tersendiri dalam moment tersebut.

“Kenapa ini bendera ini sepanjang 170 meter, karena kita mengambil angka 17 yang artinya pada tanggal tersebut adalah bertepatan dengan hari Kemerdekaan RI, kemudian lebar 8 Cm juga selaras dengan bulan, selanjutnya dikibarkan oleh pasukan Paskibraka dengan formasi 17-8-1945,” kata Kasat Lantas Polres Sampang AKP Musa Bahktiar selaku ketua panitia Harmoni Indonesia, Minggu (5/8/2018).

Musa mewakili Kapolres Sampang AKBP Budhi Wardiman, menuturkan mementum pengibaran bendara ini menurutnya sudah biasa saat merayakan HUT RI. Tapi pihaknya yakin bahwa kegiatan pengibaran bendera panjang ini yang pertama di Indonesia tahun ini.

“Bendera merah putih ini kita jahit hanya dalam waktu satu malam, inilah bukti bahwa semangat perjuangan dari para pahlwan kemerdekaan masih berkobar pada jiwa bangsa Indonesia,” tegasnya.

Sementara, Pj Bupati Sampang Jonathan Judianto mengatakan, bahwa perayaan peringatan HUT RI yang ke-73 ini telah dimulai. Pihaknya berharap keterlibatan seluruh masyarakat Sampang untuk ikut memeriahkan hari kemerdekaan.

“Kita lihat peran masyarakat Sampang cukup antusias memperingati hari kemerdekaan ini, saya juga menghimbau kepada semua pihak untuk tetap menjaga situasi aman dan kondusif pasca Pilkada meskipun ada gugatan ke MK keputusannya nanti, harus kita terima dengan legowo,” pungkasnya.

Reporter : Ryan Hariyanto
Editor : Ist

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article