Pamekasan, (Media Madura) – Gerakan pohon mangrove terus dilakukan di Kabupaten Pamekasan. Berbagai pihak terlibat dalam gerakan penanaman pohon ini.

Salah satunya yang dilakukan di Pantai Desa Lembung, Kecamatan Galis Pamekasan. Hiruk pikuk puluhan orang yang tergabung dalam Gerakan Pesisir Berseri itu menanam pohon magrove baru dan menyulam pohon magrove yang sudah ditanam beberapa waktu silam.

Program yang diprakarsai Dinas Perikanan itu melibatkan beberapa elemen seperti TNI, KKN Mahasiswa STAIN, Pelajar SMAN 1 Galis dan masyarakat Desa Lembung.

Seperti diketahui penghijauan pinggiran pantai adalah salah satu upaya untuk pelestarian lingkungan di mana pinggiran pantai perlu untuk di hijaukan.

“Karena pohon mangrove yang kelak tumbuh bermanfaat untuk mensejukkan udara di sekitar pantai sebagai penghasil oksigen yang sangat berguna bagi kelangsungan hidup manusia dan akan mempengaruhi berkembangbiaknya biota laut,” ungkap Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pamekasan Ir. Nurul Widiastuti.

Danramil 0826/04 Galis Kapten Czi Dwi Purwanto yang hadir dalam kegiatan itu mengatakan, kegiatan penanaman pohon mangrove tidak hanya kali ini saja, beberapa bulan yang lalu sudah pernah dilaksanakan akan tetapi tetap masih kurang maksimal mengingat pertumbuhan hutan mangrove ini masih sangat minim.

Menurunnya, luasan hutan mangrove khususnya di pesisir Kecamatan Galis, berdampak pada perekonomian nelayan tradisional, sebagai penyanggah ekosistem dan biota air, hutan mangrove dapat menyediakan ikan yang banyak.

“Hutan mangrove akan melindungi kelangsungan ekosistem perairan di pesisir saat ini,” ungkapnya.

Rilis

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.