Cuaca Buruk, Ratusan Penumpang Tertahan di Pelabuhan Gayam Sumenep

Sumenep, (Media Madura) – Akibat cuaca buruk di sebagian besar perairan Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur, ratusan calon penumpang tertahan di Pelabuhan Gayam, Pulau Sapudi, Kamis (2/8/2018).

Mereka yang hendak berlayar ke Pulau Jawa harus menunda keberangkatannya untuk sementara waktu lantaran cuaca yang tak bersahabat. Jika dipaksakan, dikhawatirkan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 

“Ya, tentu kamk kecewa, karena sudah lama berniat ke Jawa,” kata salah seorang calon penumpang di pelabuhan Gayam, Subaryo, Kamis (2/8/2018).

Menurut Subaryo, dalam masalah ini semestinya pemerintah berpikir menyediakan kapal khusus. Sehingga meskipun ombak besar pelayaran tetap beroperasi dan aktivitas masyarakat kepulauan tidak terganggu.

“Salah satu yang menjadi cita-cita warga Kepulauan dan harusnya sudah diwujudkan oleh pemerintah ya ini, ada kapal yang sanggup beroperasi meski cuaca kurang bersahabat. Tapi kan nayatanya belum ada sampai sekarang,” sesalnya.

Sementara itu, petugas Syahbandar Pelabuhan Gayam Pulau Sapudi, Hidayat mengatakan, untuk sementara waktu pelayaran dari Pulau Sapudi memang dihentikan karena arus ombak yang sedabg tidak bersahabat.

“Penutupan sementara pelayaran perahu akibat kondisi arus dan ombak yang tidak bersahabat. Bahkan untuk proses bongkar muat di pelabuhan pun tidak bisa dilakukan karena arus deras dan gelombang yang besar,” jelasnya.

Memang, informasi dari Stasiun BMKG Kalianget gelombang laut di perairan Sumenep hari ini mencapai 2.5 – 3.0 meter. Ketinggian gelombang juga terjadi di Laut Jawa bagian timur, seperti Perairan Kepulauan Masalembu, Perairan Utara Jatim, Selat madura, Perairan Kepulauan Kangean. Bahkan di perairan selatan Jatim mencapai 3.0 – 5.0 meter.

Reporter: Rosy
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.