Ratusan mahasiswa IAI Al-Khairat mengikuti pembekalan program PKN 2018

Pamekasan, (Media Madura) – Perkuliahan Kerja Nyata (PKN) bagi mahasiswa Institut Agama Islam (IAI) Al-Khairat Pamekasan, Madura, Jawa Timur, akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

Namun, sebelum itu terlaksana, ratusan mahasiswa di kampus itu terlebih dulu diberikan bimbingan dan pengarahan seputar PKN oleh pimpinan kampus.

Sebanyak 289 mahasiswa, Rabu (25/7), mengikuti pembekalan itu yang digelar di Auditorium Kampus Jl Raya Palengaan (Palduding) Nomor 2.

Sementara, bimbingan dan pengarahan tentang PKN bagi mahasiswa IAI Al-Khairat Pamekasan digelar selama dua hari secara berturut-turut, mulai Selasa (24/7) kemarin.

Para peserta PKN ke-XXIII berbasis Participatory Action Research (PAR) tersebut diikuti oleh mahasiswa semester 6 dari empat program studi (prodi).

Keempat prodi itu adalah, prodi Ekonomi Syariah (ESY), prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT), prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), dan prodi Pendidikan Agama Islam (PAI).

Wakil Rektor I Bidang Akademik IAI Al-Khairat Pamekasan, Abd Wahid mengatakan, pembekalan ini memang rutin diberikan sebelum mahasiswa turun ke lapangan.

“Pembekalan ini merupakan upaya mempersiapkan mahasiswa yang akan menjalani program pengabdian di masyarakat, yakni melalui program PKN berbasis PAR,” katanya, Rabu (25/7).

Menurutnya, ada empat materi berbeda yang diberikan kepada mahasiswa selama pembekalan PKN berlangsung dua hari.

“Kami berharap nantinya mahasiswa benar-benar bisa memahami berbagai materi yang disajikan. Terlebih berhubungan dengan proses pengabdian di masyarakat. Sehingga mereka bisa mengaplikasikan materi keilmuan di lokasi PKN,” jelas Abd Wahid.

Bukan cuma itu, Abd Wahid juga meminta agar mahasiswa dapat mengaplikasikan tiga poin yang tertuang dalam tri dharma perguruan tinggi secara bersamaan tatkala sudah turun ke lapangan, yaitu aspek pendidikan, penelitian dan pengabdian.

“Tidak kalah penting tentunya juga harus menjaga nama baik almamater tercinta, serta bisa menjadi manfaat bagi masyarakat di lokasi PKN,” ujarnya.

Diakui, program PKN berbasis PAR memang baru diterapkan di kampus IAI Al-Khairat Pamekasan. Untuk mahasiswa angkatan sekarang sudah yang ketiga kalinya. Meski terbilang masih baru, namun setiap tahunnya selalu memberikan dampak positif terhadap mahasiswa itu sendiri.

Rencananya, pelepasan mahasiswa semester 6 ke tempat pengabdiannya digelar pada 28 Juli mendatang. Sebanyak 289 mahasiswa itu akan disebar di enam kecamatan di bumi Gerbang Salam. Meliputi Kecamatan Galis, Larangan, Pagantenan, Pakong, dan Kecamatan Proppo.

“Mudah-mudahan pada tahun ini bisa kembali memberikan dampak positif, baik bagi mahasiswa maupun masyarakat,” harapnya.

Pak Wahid menambahkan, bila program PKN berbasis PAR ini sangat komplit.

“Program PKN ini juga sebagai momentum bagi mahasiswa untuk mengeksplor berbagai gagasan yang dimiliki. Tentunya tanpa harus menghilangkan tatanan dan kearifan lokal di lokasi PKN,” tutup Abd Wahid.

Reporter: Zainol
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.