Ketua KPU Sumenep, A. Warits

Sumenep, (Media Madura) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur menyebut, masih banyak berkas Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) yang sudah mendaftar belum benar-benar lengkap hingga saat ini. 

Itu berdasarkan hasil verifikasi kelengkapan berkas masing-masing bacaleg. Bahkan mereka yang belum lengkap sekitar 50 persen lebih dari jumlah total 617 bacaleg.

“Memang rata-rata berkas bacaleg dari semua parpol belum lengkap. Seperti ijazah dan berkas lainnya,” ungkap Ketua KPU Sumenep Abd. Waris, Selasa (24/7/2018).

Warits mengutarakan, sesuai dengan tahapan Pileg 2019, pihaknya akan melakukan verifikasi seluruh berkas bacaleg dari semua parpol hingga tanggal 31 Juli 2018.

“Ya jika sampai batas akhir berkas bacaleg belum lengkap, otomatis mereka akan didiskualifikasi dari proses pencalegan,” tandasnya.

Sebelumnya, KPU Sumenep menyatakan, hingga masa pendaftaran bacaleg berakhir tanggal 17 Juli 2018 lalu, ada 617 orang yang sudah mendaftar sebagai kontestan wakil rakyat Sumenep. Mereka berasal dari 14 parpol peserta pemilu. 

Sesuai kursi di DPRD Sumenep, mereka yang terdiri dati 256 perempuan dan 361 orang laki-laki akan berebut 50 kursi dari 7 daerah pemilihan (dapil) yang sudah ditetapkan KPU. 

Reporter : Rosy
Editor : Ist

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.