Ilustrasi Kantor KPU. (Ryan Hariyanto/MM).

Sumenep, (Media Madura) – Sejak dibuka pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep, Madura, Jawa Timur sejak tanggal 4 juli 2018 lalu hingga hari ini masih sepi pendaftar. 

Komisioner KPU Sumenep, Abd. Hadi mengatakan, hingga hari ke empat sejak pendaftaran dibuka, belum ada satupun Bacaleg yang mendaftar ke KPU setempat. 

“Ya, sampai hari ini belum ada yang mendaftar. Tapi pendaftaran ini dibuka sejak tanggal 4, dan masih sampai tanggal 17 Juli 2018,” tuturnya, Sabtu (7/7/2018).

Menurut Hadi, agar Bacaleg bisa mendaftar ke KPU, maka untuk berkas-berkas pendaftaran wajib diserahkan melalui partai politik (Parpol) yang menjadi kendaraan politiknya. 

“Jadi gak bisa langsung mendaftar perorangan begitu saja, harus melalui parpol. Mungkin proses di parpol itu yang belum selesai, sehingalga belum ada mendaftar,” paparnya. 

Sementara persyaratan lain yang harus dipenuhi parpol ialah kuota perdapil harus terpenuhi 100 persen, serta memenuhi keterwakilan perempuan sebanyak 30 persen. 

Adapun kuota kursi per daerah pemilihan (dapil) yakni, dapil satu 9 kursi, dapil dua 7 kursi, dapil tiga 7 kursi, dapil empat 7 kursi, dapil lima 8 kursi, dapil enam 7 kursi dan dapil tujuh 5 kursi. 

“Nah, bagi parpol yang keterwakilan perempuan tidak mencukupi sampai 30 persen, maka berkas akan dikembalikan ke parpol yang bersangkutan,” tegasnya.

Reporter: Rosy
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.