Kapolres Sampang AKBP, Budhi Wardiman mengecek kesiapan pasukan saat memimpin apel gelar pasukan Operasi Ketupat Semeru 2018 di lapangan Mapolres, Rabu (6/6/2018). (Ryan Hariyanto/MM).

Sampang, (Media Madura) – Kepolisian Resor Sampang, Madura, Jawa Timur, menggelar apel pasukan “Operasi Ketupat Semeru 2018” dalam rangka pengamanan arus mudik dan arus balik Lebaran 2018 yang dilaksanakan di lapangan Mapolres Jalan Jamaludin, Rabu (6/6/2018) pagi.

Selama operasi ketupat semeru 2018, Polres Sampang mengerahkan sebanyak 114 personel gabungan terdiri dari jajaran TNI, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Pemadam Kebakaran, Pramuka, dan pihak terkait.

“Jadi seluruh komponen ini diterjunkan untuk mengamankan jalannya mudik lebaran 2018 di wilayah Kabupaten Sampang menciptakan situasi aman bagi masyarakat,” ungkap Kapolres Sampang AKBP Budhi Wardiman, Rabu (6/6/2018 ).

Dalam operasi itu berlangsung selama 18 hari, yakni mulai tanggal 7 Juni sampai 24 Juni 2018.

Selain itu, saat sambutannya Kapolres Sampang menyatakan ada empat potensi kerawanan yang perlu diwaspadai demi keamanan dan kenyamanan masyarakat saat merayakan Idul Fitri.

Pertama terkait stabilitas harga bahan pangan, kedua kestabilan arus mudik dan arus balik yang mana banyak lokasi rawan macet dan rawan kecelakaan, ketiga potensi bencana alam dan gangguan seperti curas, curanmor, begal hingga hipnotis, dan keempat ancaman tindak pidana terorisme.

“Semoga masyarakat aman dan nyaman dalam merayakan Lebaran Idul Fitri 2018,” jelasnya.

Budhi menjelaskan, ada beberapa titik rawan kecelakaan di Kabupaten Sampang yang perlu diantisipasi berdasarkan pengalaman sebelumnya yaitu di Jalan Raya Jrengik, Jalan Raya Camplong, Jalan Raya Ketapang tepat di jalur pantura.

“Maka itu kita mendirikan sebanyak lima pos pelayanan operasi ketupat semeru tahun ini diantaranya satu pos pelayanan, tiga pos pengamanan, dan satu pos pantau,” tuturnya.

Usai apel gelar pasukan Operasi Ketupat Semeru 2018, seluruh jajaran petugas pengamanan bergegas meninjau lokasi cek kesehatan pengemudi angkutan umum di Terminal Sampang.

Pengecekan itu dipantau langsung oleh Pj Bupati Sampang Jonathan Judianto. Seluruh pengemudi tak luput dari pemeriksaan petugas baik kelayakan dan kelengkapan kendaraan.

Mereka juga diperiksa tes urine untuk memastikan pengemudi tidak mengkonsumsi narkoba.

Selanjutnya, pengecekan pos pelayanan Operasi Ketupat Semeru 2018 di Jalan Raya Monumen Trunojoyo Sampang.

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Zainoo

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.