Ilustrasi

Sumenep, (Media Madura) – Sebagian umat Islam di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur ada yang sudah memulai salat Tarawih tadi malam dan mengawali puasa Ramadan 1439 Hijriah hari ini.

Mereka adalah warga Desa Katawang Daya, Kecamatan Ganding, yang memang sejak lama dikenal memiliki cara serta tradisi sendiri dalam mengawali puasa Ramadan.

“Tadi malam kita salat tarawih di Masjid Alkarawi. Jadi hari ini merupakan hari pertama kami menjalankan ibadah puasa Ramadan,” ungkap salah seorang warga setempat, Nadayana, Selasa (15/5/2018).

Tidak hanya warga lingkungan Pesantren Karay, tapi juga sejumlah warga kota Sumenep juga mengaku akan puasa Ramadan mulai nanti sore.

“Kita ikut kiai Pesantren Karay yang ada di Kecamatan Ganding,Mas. Tadi malam kita shalat tarawih pertama dan nanti sore buka puasa pertama,” tutur warga Kota Sumenep, Zaitun pada awak media.

Namun demikian, tidak semua umat Islam di Sumenep berpuasa mulai hari ini. Sebab, sebagian besar umat Islam lainnya dmasih akan memulai berpuasa tatkala pemerintah sudah menggelar sidang Istbat dan menetapkan 1 Ramadan 1439 Hijriah. 

Reporter: Rosy
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.