Bisrul Hafi (dok/MM)

Sampang, (Media Madura) – Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Tenaga Kerja (Diskumnaker) Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, memastikan tidak ada pekerja asing yang bekerja di wilayah itu.

“Sampai saat ini belum ditemukan keberadaan pekerja asing disini,” ujar Kabid Tenaga Kerja (Diskumnaker) Kabupaten Sampang Bisrul Hafi, Selasa (1/5/2018).

Kata Bisrul, tenaga kerja asing (TKA) hanya ada di PT Santos. Namun itu masuk wilayah perairan Provinsi Jawa Timur di Surabaya.

Menurutnya, sejak tahun 2016 lalu, perusahaan besar sejatinya sudah wajib lapor kepada pihak pengawas dari Provinsi Jatim. Namun sejauh ini pihaknya masih belum menemukan perusahaan yang masuk kriteria wajib lapor.

“Kami hanya berkoordinasi dengan koordinator pengawas yang kantornya ada di Kabupaten Pamekasan,” ucapnya.

Dijelaskannya, sejauh ini pihaknya belum melakukan verifikasi keseluruhan keberadaan perusahaan yang ada di Sampang. Sebab, pihaknya hanya sebatas melaporkan keberadaan dan pegawai BUMD maupun BUMN.

“Yang dimaksud perusahaan besar itu perusahaan yang mempekerjakan lebih dari 100 orang pekerja, tapi selama ini hanya ada perusahaan kecil-kecilan,” tuturnya.

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.