Para pelaku dan barang bukti

Sumenep, (Media Madura) – Dua orang asal Dusun Tanjung Tengah, Desa Tanjung, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan ditangkap warga Kabupaten Sumenep, Rabu (25/4/2018) malam.

Moh Nur Kholis (20) dan A Kholifi Azis (29) kepergok warga mencuri kotak amal di Mesjid Al-Hidayah, Dusun Bun Malang, Desa Saronggi, Kecamatan Saronggi. 

“Kejadiannya sekitar pukul 21.00 WIB tadi malam, dengan saksi Beny Agus Sudaryanto dan Moh Herfiyanto Furmaliadi,” tutur Kabag Humas Polres Sumenep, AKP Abd Mukid, Kamis (26/4/2018) pagi. 

Menurutnya, kejadian bermula saat kedua saksi berada di warung kopi, lalu datang Pak Adin dan memberitahukan bahwa ada orang yang mencurigakan di selatan mesjid Al Hidayah.

Dari informasi itu, kedua saksi berangkat menuju masjid Al Hidayah, dan benar ada seorang yang tidak dikenal, lalu saksu menegur seseorang yang mencurigakan tersebut.

Selanjutnya salah satu saksi menuju wisata Kirmata untuk memberitahukan kejadian tersebut kepada teman temannya, setelah itu kembali lagi ke masjid Al Hidayah dan menegur kembali seseorang yang mencurigakan itu.

“Ketika itu saksi lain melihat ke arah mesjid dan melihat pintu masjid sebelah selatan terbuka, saat diperhatikan ternyata ada bayangan orang di dalam mesjid,” paparnya. 

Karena sangat mencurigakan, saksi memutusakan untuk menangkap seseorang yang ada di dalam masjid, sementara warga masyarakat di sekitar mesjid berdatangan mengamankan satu orang lainnya yang diduga melakukan pencurian uang kotak amal mesjid tersebut.

“Warga dan takmir mesjid langsung membawa para terduga ke Mapolsek Saronggi. Saat diintrogasi, keduanya mengakui hendak melakukan pencurian uang kotak amal di mesjid tersebut,” tandas Mukid. 

Adapun yang menjadi barang bukti yakni sebuah kotak amal terbuat dari besi warna hijau muda yang di dalamnya berisi uang amal masjid dalam keadaan digembok, Nocksek dengan panjang kurang lebih 30 cm, dan tas rangsel terbuat dari kain parasut warna hijau berisi dua buah obeng, sebuah kunci inggris, alat pembengkok besi cor dan sebuah besi berbentuk bulat.

Reporter : Rosy

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.