Pamekasan, (Media Madura) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, Jawa Timur, berharap pihak pabrikan bisa mensejahterakan petani tembakau.

Secara pasti, kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pamekasan, Bambang Edy Suprapto sampai sekarang belum menentukan serapan tembakau untuk musim ini, karena pabrikan masih menghitung jumlah kebutuhan untuk tahun 2018.

“Sampai sekarang masih belum pasti, bisa saja bertambah,” katanya, Selasa (17/4/2018).

Bahkan tambah Bambang, meski pabrikan belum menentukan secara pasti rencana kebutuhan tembakau, ia berharap bisa mensejahterakan para petani. Kemungkinan serapa tembakau tahun ini tidak jauh berbeda dengan serapan musim lalu.

“Dalam beberapa tahun terakhir, serapan tembakau tidak sesuai rencana. Lihat dulu perkembangannya bagaimana nanti, Karena dalam beberapa tahun terakhir serapannya tidak sesuai yang direncanakan,” tambahnya.

Pihaknya telah melakukan pertemuan dengan pihak pabrikan membahas serapan dan harga tembakau musim ini, tetapi cuaca yang tergolong baik ini diprediksi akan berdampak bagus terhadap harga tembakau dan lahan pertanian yang cenderung lebih luas, mengingat harga tembakau musim lalu sangat bagus.

“Sebenarnya secara tonase pabrikan kekurangan (tembakau, red).,” tutup Bambang.

Reporter: Rifqi
Editor : Ist

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.