Pamekasan, (Media Madura) – Situs milik dua organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Pamekasan, Madura, Jawa Timur, diretas oleh hacker.

Dua situs yang diretas itu yakni milik dinas koperasi yakni koperasi.pamekasankab.go.id dan milik setkab Pamekasan yakni setkab.pamekasankabmgo.id.

Hingga berita ini dimuat, kedua situs tersebut masih belum bisa diakses bahkan peretasan situs milik pemerintah ini sudah terjadi dalam dua hari terakhir.

Di halaman depan situs dinas Koperasi yang diretas ini, pelaku menulis identitasnya yakni hacked by Mr. DreamX196 danmenulis sebuah puisi dan di akhir puisi yang ditulis cukup panjang ini ada pesan berbahasa inggris “WE ARE LEGION, EXPECT US, RESPECT US”.

Sementara di situs milik Setkab pelaku menempel sebuah simbol The Demons of hack dengan tulisan Hacked by Dr. ViP.

Teknisi Situs Sekretariat DPRD Pamekasan Sutrisno, saat dimintai komentar terkait kejadian peretasan tersebut menerangkan, kedua situs tersebut merupakan subdomain dari situs utama Pemkab Pamekasan, dan besar kemungkinan seluruh situs milik OPD lain dalam kondisi berbahaya.

Dikatakan, dua situs tersebut diretas dalam waktu yang berbeda, dimulai dari situs milik dinas keporasi dan keesokan harinya milik Setkab Pamekasan.

“Ini sangat berbahaya apabila tidak segera ditangani, karena para hacker ini masuk dari subdomain dan nanti bukan tidak mungkin menyasar ke situs utama,” katanya. Selasa (17/04/2018) pagi.

Belum diketahui apa motif pelaku meretas situs milik Pemkab Pamekasan. Hingga berita ini diturunkan, belum ada keterangan resmi dari pemerintah setempat.

Penulis : Ist
Editor : Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.