Sampang, (Media Madura) – Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, Suhartini Kaptiati mengaku pada triwulan pertama penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Sampang tahun anggaran 2018 baru sekitar 15 persen.

Kata dia, pola penyerapan anggaran selama ini cenderung datar di awal tahun kemudian meninggi pada triwulan berikutnya.

“Kalau triwulan awal pastinya iya, karena masih dalam proses ini, nanti bergeraknya di triwulan kedua dan tiga,” kata Suhartini dihubungi mediamadura.com, Rabu (11/4/2018).

Dirinya mengklaim tidak ada kendala penyebab rendahnya penyerapan anggaran triwulan pertama dalam perencanaan kerja di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Sampang. Sebab, saat ini program kerja sedang berlangsung.

“Tidak ada kendala kok, semua masih proses toh, OPD masih perencanaan, tentu nanti serapannya sesuai perencanaan,” ujar Suhartini.

Menanggapi itu, Anggota Komisi II DPRD Sampang Moh Hodai, menyayangkan rendahnya penyerapan anggaran yang masih berkisaran 15 persen pada triwulan pertama. Untuk itu, dirinya meminta Pj Bupati Jonathan Judianto menggenjot dan melakukan konsolidasi antar OPD dalam penyerapan anggaran supaya optimal.

“Minimal penyerapan anggaran 45 persen sampai 50 persen di triwulan pertama karena lebih baik pola penyerapannya tinggi di awal dibandingkan kebelakang, sehingga nanti kegiatan yang belum dilaksanakan setiap OPD bisa terealisasi,” tuturnya.

Dijelaskan Komisi yang membidangi perekonomian dan keuangan itu, jika penyerapan anggaran masih rendah imbasnya anggaran tidak terserap. Hal ini juga berdampak terhadap melambungnya Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (Silpa) tahunan.

Selain itu, lanjut Politisi Demokrat, buruknya perencanaan anggaran dan kegiatan menjadi salah satu penyebab rendahnya penyerapan anggaran.

“Jangan sampai Sampang ini seperti tahun sebelum-sebelumnya, seharusnya beberapa OPD terkait segera merealisasikan kegiatan yang ada, tugas Pj Bupati inilah memerintahkan bawahannya untuk ‘ngebut’ melakukan serapan anggaran,” tandasnya.

Reporter: Ryan Hariyanto

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.