Ketua KPU Kabupaten Pamekasan, Mohammad Hamzah

Pamekasan, (Media Madura) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pamekasan Madura, Jawa Timur berencana mengadakan tiga kali debat pasangan calon (Paslon) bupati-wakil bupati. Hal itu telah ditetapkan dalam jadwal debat kandidat.

“Debat kandidat sudah ditentukan dan berdasarkan kesepakatan bersama dengan tim kampanye Paslon, dengan disaksikan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu),” ungkap Ketua KPU Pamekasan,Mohammad Hamzah, Selasa (10/4/).

Hamzah mengatakan debat kandidat kedua Paslon akan dilaksanakan pada 24 April, 7 Mei, serta 21 Juni 2018. Debat Kandidat tersebut bertujuan agar masyarakat bisa tahu visi misi kedua paslon yang nantinya akan mereka pilih.

“Untuk debat pertama kami tempatkan di Pamekasan yang akan disiarkan langsung oleh salah satu Radio swasta yang ada di sini. Debat kedua akan diadakan di Surabaya disiarkan langsung oleh salah satu TV swasta. Sedangkan untuk debat terakhir kami tempatkan di Pamekasan lagi disiarkan oleh salah satu Radio swasta juga,” terang Hamzah.

Menurutnya, dalam debat kandidat tersebut, KPU Pamekasan akan menyiapkan tiga tema yang berbeda.

“Masing-masing debat kandidat akan dibahas soal tiga tema berbeda terkait Kabupaten Pamekasan,” ujarnya.

Hamzah menambahkan, untuk pelaksanaan debat kandidat akan dipandu seorang profesional dan terlebih bukan partisan.

Menurut Hamzah, dalam setiap debat, para pendukung maupun tim kampanye yang hadir akan dibatasi. Hal itu guna mengantisipasi masalah ketertiban dan keamanan antar pendukung.

“Jadi masing-masing pendukung hanya akan dibatasi untuk hadir dalam debat kandidat. Supaya debat kandidat nanti bisa berjalan lancar dan tertib,” ujarnya.

Dirinya juga berharap masing-masing Paslon sudah bisa mempersiapkan diri untuk mengikuti debat nanti.

“Bagi para calon sudah bisa menyiapkan diri untuk mengikuti debat. Kita berharap agar debat kandidat ini bisa terlaksana dengan baik dan sukses,” katanya.

Perlu diketahui, untuk Pilkada Kabupaten Pamekasan 2018, hanya diikuti oleh dua Paslon. Yang pertama Badrut Tamam Raja’e (Berbaur) nomor urut 1, dan pasangan Kholilurrahman Fathorrahman (Kholifah) nomor urut 2.

Reporter: Zubaidi
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan